Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api

Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api

Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api

Chrno History - Tiap tanggal 24 Maret, Indonesia memeringati momen Bandung Lautan Api yang fantastis. Kemungkinan umumnya dari kamu belum mengetahui kenapa Bandung sempat dibumihanguskan. Kesempatan ini, Pegipegi ingin ajak kamu untuk kenal sejarah Bandung Lautan Api lebih dalam.

BERMULA DARI PASUKAN INGGRIS TIBA DI BANDUNG


Pasukan sekutu, Inggris sisi dari Brigade MacDonald serta NICA datang di Bandung pada 12 Oktober 1945. Dari pertama, jalinan pasukan Inggris serta Indonesia telah tegang. Mereka gencar-gencarnya merampas senjata api yang berada di tangan masyarakat, terkecuali senjata api punya TKR (yang sekarang jadi TNI) serta polisi.

Sekutu minta semua senjata faksi Indonesia yang disebut pelucutan Jepang diberikan pada mereka. Ditambah beberapa orang tahanan Belanda dibebaskan dari kampung tawanan serta lakukan beberapa tindakan yang mengganggu keamanan dan NICA dengan bebas lakukan intimidasi pada warga. Karena kedatangan sekutu, terjadi benturan bersenjata di antara Inggris serta TKR yang makin menghangat.

ADA ULTIMATUM DARI SEKUTU


Tanggal 21 November 1945, TKR serta badan-badan perjuangan terus lancarkan serangan pada kedudukan-kedudukan Inggris di Bandung Utara, terhitung sekutu di Hotel Humnn serta Hotel Preanger, terserang oleh beberapa TKR serta pejuang Indonesia. Tiga hari selanjutnya, MacDonal mengemukakan peringatan atau peringatan pertamanya pada Gubernur Jawa Barat supaya Bandung Utara dikosongkan oleh masyarakat Indonesia, terhitung pasukan bersenjata paling lambat tanggal 29 November 1945.

Tetapi, beberapa pejuang tidak menghiraukan peringatan itu. Hal itu justru meningkatkan semangat beberapa pejuang, rakyat, serta pemuda yang terhimpun dalam TKR untuk menantang sekutu. Mulai sejak itu, pertarungan kecil serta besar di antara pejuang serta sekutu terus berjalan di Bandung.

JEBOLNYA BENDUNGAN SUNGAI CIKAPUNDUNG


Saat malam hari tanggal 25 November 1945 bendungan Sungai Cikapundung bobol serta memunculkan banjir besar sampai menelan beberapa ratus korban serta beberapa ribu masyarakat kehilangan rumah. Kondisi itu dimanfaatkan oleh tentara sekutu serta NICA untuk menyerang rakyat yang sedang tertimpa bencana. Sampai pada akhirnya Kota Bandung terdiri dua, yakni Bandung Utara serta Bandung Selatan. Tentara sekutu menempati Bandung Utara serta Indonesia menempati Bandung Selatan dengan jalan kereta api jadi batas wilayahnya.

MUNCULNYA ULTIMATUM KEDUA


Sekutu Inggris serta NICA kembali memberi peringatan ke-2 pada 23 Maret 1946 pada TRI untuk mundur sejauh 11 km dari pusat kota dalam tempo 24 jam. TRI yang waktu itu di pimpin oleh Kolonel A.H.Nasution mengikuti perintah pemerintah RI Pusat untuk tinggalkan Bandung.

Keputuan yang diambil TRI memperoleh kontra dari Tempat Besar TRI yang berada di Yogyakarta. Mereka inginkan supaya Bandung masih dipertahankan serta dijaga meskipun harus mengorbankan nyawa. Pada akhirnya diambil ketetapan supaya rakyat Bandung mundur serta beberapa TRI dan pejuang masih bertahan serta perjuangkan Bandung Selatan. Selanjutnya beberapa pejuang ikut juga pindah sebab kondisi makin melemah serta tidak sangat mungkin untuk menantang lawan.

AKHIRNYA BANDUNG DIBUMIHANGUSKAN


TRI pada akhirnya lakukan bumi hangus pada Bandung. Aksi ini diambil sesudah lewat musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) yang didatangi oleh semua barisan perjuangan. Aksi bumi hangus diusulkan oleh Rukana (Komandan Polisi Militer di Bandung) serta disetujui oleh Kolonel A.H.Nasution yang memberikan instruksi supaya rakyat selekasnya tinggalkan Bandung. Saat itu, rakyat pindah ke beberapa wilayah, seperti Soreang, Cicalengka, Pangelangan, Dayeuh Kolot, dan sebagainya dengan bawa barang seadanya.

Tiap kota di Indonesia memang punya sejarahnya semasing, terhitung Bandung yang diketahui dengan momen Bandung Lautan Api. Di kota kembang itu, kamu dapat juga berkunjung ke beberapa tempat bersejarah yang terkait saat-saat penjajahan atau kemerdekaan.

1 komentar:

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...