Evolusi Konsol Playstation Hingga Saat Ini - Chrno History

Evolusi Konsol Playstation Hingga Saat Ini

Chrno History - Banyak yang menyemarakkan tentang PlayStation Classic. Katanya, itu adalah konsol yang menyemarakkan keikutsertaan Sony di dunia game. Dan jadi konsol waktu kecil untuk biasanya kelompok milenials. Itu berarti konsol PlayStation sendiri cukup berumur. Memangnya umurnya berapakah ya? Tidakkah kalian bertanya-tanya akan hal itu? Yuk kita cek.

Evolusi Konsol Playstation Hingga Saat Ini - Chrno History

1. 1994 

Pertama kali Sony PlayStation diluncurkan pada 1994 dan hanya eksklusif di Jepang. Itupun konsol itu sudah jadi konsol game yang ramai digunakan dari sana. Baru satu tahun selanjutnya, PSX (kependekan PlayStation) rilis dengan global. Dengan kekuatan 32-bit-nya yang bisa membuahkan game 3D, PSX membuat ramai dunia. Diperkuat dengan game-game legenda type Final Fantasy 7 dan Metal Gear Solid. Penjualan PSX pecahkan rekor jadi yang pertama bisa tembus angka 100 juta unit dengan global.

2. 2000 

Sony memberitahukan hadirnya Playstation 2, generasi terbaru dari PlayStation dimana ada penambahan grafis game yang demikian berkaitan. Hampir di waktu yang bersamaan, PlayStation 1 diluncurkan. PS1 adalah modifikasi kelanjutan dari PSX dimana bentukannya lebih kecil. PS2 yang mulai ramai diulas membuat banyak studio pengembang game beralih ke sana untuk membuat game-game yang lebih indah.

Kekuatan untuk membaca DVD begitu membantu sebab bisa menyimpan makin banyak data. Selain itu, PS2 memiliki kekuatan untuk mainkan game PSX yang bahkan juga dapat juga naikkan grafisnya. Karena itu, tidak salah jika sampai sekarang ini PS2 dilihat seperti konsol terbaik yang sudah sempat ada. Karena penjualan terbanyaknya yang sampai 150 juta unit dan belum ada yang bisa mengalahkannya.

3. 2004 

PlayStation ingin coba tingkatkan sayapnya. Karena itu, mereka berupaya untuk bikin mobile console. Oleh karenanya terciptalah PlayStation Portable. Walau PSP tidak bisa bikin penjualan seputar dua kakaknya. Tapi PSP terjual agak banyak, yaitu 70 juta unit. Di sisi lain, PS2 dinaikkan jadi PS2 Slim yang mana memiliki bentukan lebih ramping dibanding pendahulunya.

4. 2006 

Dua tahun setelah mengeluarkan konsol mobile, Sony mengeluarkan generasi selanjutnya yang lebih kuat, yaitu PlayStation 3. Bukan sekedar menambahkan grafis, fitur baru yang diperkenalkan Sony saat itu adalah hard disc drive. Fitur ini membuat pemain tidak perlu bolak-balik mengeluarkan kaset untuk memainkannya. Untuk vs pertama PS3 bisa menyimpan sampai 20GB game. Tapi vs termutakhir dapat menyimpang sampai 320GB. Dengan kekuatan ini, PS3 dapat memutar musik atau film yang ada dari DVD dan Blu-ray.

5. 2009 

PSP Go di luncurkan, penambahan konsol mobile itu memiliki bentuk design yang berbeda. Dengan inspirasi slip-nya, PSP Go ingin memberikan pengalama lebih dalam hal kenyamanan untuk beberapa penggunanya. Sayang, konsol ini tidak sukses di market. Untuk mainkan gamenya, beberapa pemain harus membelinya dengan online di harga penuh. Walaupun sebetulnya gamenya masih sama PSP awalannya. Sampai sebagian dari mereka pilih untuk masih setia pada PSP. PSP Go berhenti disebarkan pada 2011. Di tahun yang sama, Sony turut mengeluarkan vs PS3 Slim.

6. 2012 

PS Vita baru benar-benar diakui jadi penerus dari PSP. Rilis pada 2012, konsol ini dapat memberikan grafis yang lebih tajam sampai bisa mainkan game yang lebih indah. Jadi fitur menambahkan dari PSP, Vita memiliki dua analog sticks yang terpasang dibagian kiri dan kanan. Dengan di dukung fitur format kartu PS Vita. Game yang menyemarakkan konsol ini adalah Persona 4: Golden, Uncharted: Golden Abyss dan Hot Shot Golf.

7. 2013 

Konsol paling hebat yang dibikin Sony. Konsol PlayStation 4 jadi konsol yang benar-benar memberikan suport jaringan internet karena memiliki fitur untuk streaming. Sang pemain langsung dapat merekam, mengedit serta mengupload video ke situs video. Bahkan PS4 dapat disambungkan ke smartphone atau tablet sampai dapat memberikan tampilan monitor ke-2. Pada konsol ini ada penambahan pada joystick dimana joystick memiliki sensor suara serta touch pad.

Jika lihat tahun-tahunnya, seharusnya pada 2019 Sony akan memberitahukan konsol generasi selanjutnya. Kira-kira bakal jadi apa PlayStation 5? Mengingat tahun depan jadi peringatan 25 tahun PlayStation, harusnya sih jadi spesial. Coba berikan pendapatmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...