Handphone dan Sejarahnya - Chrno History

Handphone dan Sejarahnya

Chrno History - Telephone pegang atau handphone makin menjamur saat ini seperti dalam dengan laptop atau computer. Tetapi sedikit yang tahu mengenai riwayat handphone serta perubahannya. Baik dari anak SD s/d kakek-kakek saat ini memakai handphone untuk berkomunikasi. Tetapi adakah yang tahu siapa penemu telephone pegang atau handphone tersebut?

Handphone dan Sejarahnya - Chrno History


Pengertian Handphone 

Telephone pegang atau Handphone merupakan piranti telekomunikasi elektronik yang memiliki potensi basic yang sama juga dengan telephone konvensional aliran masih. Tetapi bisa dibawa ke mana-mana (portabel, mobile). Serta tak perlu disambungkan dengan jaringan telephone memakai kabel (nirkabel; wireless). Sekarang ini Indonesia memiliki dua jaringan telephone nirkabel. Yakni skema GSM (Global Sistem for Mobile Telecommunications) serta skema CDMA (Code Division Multiple Access). Tubuh yang mengendalikan telekomunikasi seluler Indonesia merupakan Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).

Riwayat Handphone 

Menurut tante wiki indonesia Penemu skema telephone pegang yang pertama merupakan Martin Cooper. Seorang pekerja di pabrikan Motorola pada tanggal 03 April 1973. Meskipun seringkali disebutkan penemu telephone pegang merupakan satu team dari satu diantara divisi Motorola (divisi tempat Cooper kerja). Dengan mode pertama merupakan DynaTAC. Inspirasi yang dicetuskan oleh Cooper merupakan satu alat komunikasi yang kecil serta gampang dibawa melancong dengan fleksibel.

Cooper bersama dengan teamnya hadapi rintangan. Yaitu bagaimana masukkan semua material elektronik ke alat yang memiliki ukuran kecil itu untuk kali pertamanya. Pada akhirnya satu handphone pertama sukses dituntaskan dengan keseluruhan berat seberat dua kg. Untuk membuat, Pabrikan Motorola memerlukan ongkos kira-kira US$1 juta. “Pada tahun 1983, telephone pegang portabel bernilai US$4 ribu (Rp36 juta) sama dengan US$10 ribu (Rp90 juta). Sesudah sukses menghasilkan telephone pegang, rintangan paling besar selanjutnya merupakan mengadaptasi infrastruktur. Untuk memberi dukungan skema komunikasi telephone pegang itu dengan membuat skema jaringan yang cuma memerlukan 3 MHz spektrum. Sama dengan lima kanal TV yang tersalur ke penjuru dunia.

Tokoh lain yang didapati begitu berjasa di dunia komunikasi selular merupakan Amos Joel Jr. Yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918. Dia memang disadari dunia jadi ahli dalam bagian switching. Dia mendapatkan ijazah bachelor (1940) serta master (1942) dalam tehnik elektronik dari MIT. Tidak lama sesudah studi, dia mengawali karirnya sepanjang 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories. Tempat dia terima lebih dari 70 paten Amerika di bagian telekomunikasi, terutamanya di bagian switching. Amos E Joel Jr, membuat skema penyambung (switching) hp dari satu daerah sel ke daerah sel lainnya. Switching ini harus kerja saat pemakai hp bergerak. Atau beralih dari satu sel ke sel lain hingga perbincangan tidak terputus. Sebab penemuan Amos Joel berikut pemakaian hp jadi nyaman.

Perubahan Handphone 

Handphone Generasi awal 

Riwayat penemuan handphone tidak terlepas dari perubahan radio. Awal penemuan handphone diawali pada tahun 1921. Saat Departemen Kepolisian Detroit Michigan coba memakai telephone mobil satu arah. Setelah itu, pada tahun 1928 Kepolisian Detroit mulai memakai radio komunikasi satu arah pada semua mobil patroli dengan frekwensi 2MHz.

Pada perubahan seterusnya, radio komunikasi berkembang jadi dua arah dengan "frequency modulated" (FM). Tahun 1940, Galvin Manufactory Corporation (saat ini Motorola)meningkatkan portable Handie-talkie SCR536. Yang bermakna satu alat komunikasi di medan perang waktu perang dunia II. Waktu ini adalah generasi 0 handphone atau 0-G, dimana handphone mulai dikenalkan.

Sesudah keluarkan SCR536, setelah itu pada tahun 1943 Galvin Manufactory Corporation keluarkan kembali partable FM radio dua arah pertama. Yang dinamakan SCR300 dengan mode backpack untuk tentara U.S. Alat ini mempunyai berat seputar 35 pon serta bisa kerja dengan efisien dalam jarak operasi 10 sampai 20 mil.

Skema handphone 0-G masih memakai satu skema radio VHF untuk menyambungkan telephone dengan cara langsung pada PSTNlandline. Kekurangan skema ini merupakan permasalahan pada jaringan kongesti yang setelah itu menimbulkan usaha-usaha untuk ganti skema ini. Generasi 0 disudahi dengan penemuan ide kekinian oleh insinyur-insinyur dari Bell Labs pada tahun 1947. Mereka temukan ide pemakaian telephone hexagonal jadi basic handphone. Tetapi, ide ini baru ditingkatkan pada 1960-an.


Handphone Generasi 1 

Telephone pegang generasi pertama dimaksud 1G. 1-G adalah telephone pegang pertama yang sebetulnya. Tahun 1973, Martin Cooper dari Motorola Corp temukan handphone pertama serta dikenalkan pada public pada 3 April 1973. Handphone yang diketemukan oleh Cooper mempunyai berat 30 ons atau seputar 800 gr. Penemuan berikut yang sudah merubah dunia selama-lamanya.

Tehnologi yang dipakai 1-G masih berbentuk analog serta diketahui dengan arti AMPS. AMPS memakai frekwensi di antara 825 Mhz- 894 Mhz serta dioperasikan pada Band 800 Mhz. Sebab berbentuk analog, karena itu skema yang dipakai masih berbentuk regional. Satu diantara kekurangan generasi 1-G merupakan sebab ukurannya yang begitu besar untuk digenggam oleh tangan. Ukuran yang besar ini karena kepentingan tenaga serta perform baterei yang kurang baik. Diluar itu generasi 1-G masih mempunyai permasalahan dengan mobilitas pemakai. Saat lakukan panggilan, mobilitas pemakai hanya terbatas pada jangkauan ruang telpon pegang.


Handphone Generasi 2 

Generasi ke-2 atau 2-G ada pada seputar tahun 1990-an. 2G di Amerika telah memakai tehnologi CDMA, sedang di Eropa memakai tehnologi GSM. GSM memakai frekwensi standard 900 Mhz serta frekwensi 1800 Mhz. Dengan frekwensi itu, GSM mempunyai kemampuan konsumen setia yang semakin besar. Pada generasi 2G signal analog telah ditukar dengan signal digital. Pemakaian signal digital memperlengkapi telephone pegang dengan pesan suara, panggilan nantikan, serta SMS.

Handphone pada generasi ini mempunyai ukuran yang lebih kecil serta lebih mudah sebab pemakaian tehnologi chip digital. Ukuran yang lebih kecil karena keperluan tenaga baterei yang lebih kecil. Kelebihan dari generasi 2G merupakan ukuran serta berat yang lebih kecil dan signal radio yang lebih rendah. Hingga kurangi dampak radiasi yang membahayakan pemakai.

Handphone Generasi 3 

Generasi ini dimaksud 3G yang sangat mungkin operator jaringan untuk memberikan pemakai mereka jangkauan yang lebih luas. Termasuk juga internet sebagus video call berteknologi tinggi. Dalam 3G ada 3 standard untuk dunia telekomunikasi. Yakni Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, serta CDMA 2000.

Kekurangan dari generasi 3G ini merupakan ongkos yang relatif tambah tinggi. Serta minimnya lingkup jaringan sebab masih barunya tehnologi ini. Tetapi yang menarik pada generasi ini merupakan mulai dimasukkannya skema operasi pada hp. Hingga membuat feature hp makin komplet bahkan juga dekati peranan PC. Skema operasi yang dipakai diantaranya Symbian, Android serta Windows Mobile.

Handphone Generasi 4 

Generasi ini dimaksud Fourth Generation (4G). 4G adalah skema hp yang tawarkan pendekatan baru serta jalan keluar infrastruktur yang mengintegrasikan tehnologi nirkabel yang sudah ada. Termasuk juga wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan sebagainya. Skema 4G berdasar pada heterogenitas jaringan IP yang sangat mungkin pemakai untuk memakai bermacam skema setiap saat serta dimana-mana. 4G memberi pemakainya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, serta elastisitas untuk menelusuri beberapa tehnologi berlainan. Paling akhir, 4G memberi service pengiriman data cepat untuk menampung beberapa aplikasi multimedia. Seperti, video conferencing,online game, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...