Sejarah Mobil Pertama Sampai Mobil Auto Pilot - Chrno History

Sejarah Mobil Pertama Sampai Mobil Auto Pilot

Chrno History - Mobil sudah jadi bagian dari kehidupan manusia modern. Kedatangan mobil demikian membantu mobilitas manusia waktu melakukan aktivitas sepanjang hari. Ditambahkan sekarang ini, model dan tipe mobil sangat berbagai. Mulai dari family wagon atau sekarang ini lebih didapati dengan sports utility vehicle (SUV). Sampai kelas sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.

Sejarah Mobil Pertama Sampai Mobil Auto Pilot - Chrno History

Mesin yang ditawarkan sangat berbagai. Seperti kelas 1.000-1.500 cc untuk mobil-mobil perkotaan. Atau mobil bermesin di atas 2.000 cc yang banyak digunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda. Tapi kesempatan kali ini kita tidak membahas macam mobil yang ada saat ini. Kali kita akan mencari kisah mobil. Bagaimana proses dan pergantian mobil dari masa 19 sampai masuk milenium ke-2 ini? Silakan sama-sama baca.

Pra 1880-an 

Nyatanya telah ada yang memiliki inspirasi ini jauh sebelum orang pikirkan. Leonardo da Vinci sudah membuat inspirasi “mobil” pada 1478. Inspirasi ini belum menggunakan mesin dan masih berupa sket di atas kertas. Beberapa ratus tahun kemudian, satu kendaraan bermesin mulai dibuat manusia. Menggunakan mesin uap ini digunakan untuk membantu pergerakan kepentingan militer Prancis pada 1870-an dalam bawa serta peralatan perang. Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diakui sama dengan kecepatan manusia waktu berjalan.

Dekade 1880 

Penemuan mesin diesel pada 1882 jadi set penting dalam kisah mobil. Persisnya pada Januari 1882, waktu satu mesin mempunyai bahan bakar solar mulai diperkenalkan serta banyak digunakan masyakarat. Waktu pertama dibuat, mesin diesel ini ada jadi tonggak karena bisa membuat mesin yang lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Mesin diesel tetap dikembangan dan masih digunakan jadi salah satu mesin mobil.

Setelah itu baru ada kendaraan dengan mesin mempunyai bahan bakar bensin. Menggunakan tiga roda jadi penggerak, kendaraan ini dibikin oleh ahli mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885. Tidak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membuat mobil pertamanya pada 1886. Tersebut cikal akan mobil-mobil di waktu modern.

Dekade 1900 

Didepannya masa ke-20 ini mobil-mobil sederhana yang sudah dibikin mulai alami evolusi. Waktu pertama diperkenalkan, mobil saat itu belum menggunakan stir bulat seperti yang kita kenal saat ini. Sebelum 1900, stir mobil berbentuk 1/2 lingaran saja. Bahkan ada yang menggunakan seperti tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai dan memang lebih memudahkan pergerakan mobil.

Kecepatan mobil sudah mulai semakin bertambah tinggi. Bisa sampai 15-20 km/jam. Sudah makin bertambah cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Oleh karenanya pemerintah negara bagian Alabama, Amerika Serikat, batasi kecepatan maksimal mobil saat itu hanya 12 km/jam. Di waktu ini Ford mulai mengenalkan Model T yang fenomenal.

Sebab pertolongan mesin, proses pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam jadi 146 unit/jam. Pada 1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yang dapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche waktu dapatkan mesin ini baru 18 tahun.

Dekade 1920 

Di dekade ini, mobil sudah jadi mulai bagian dari kehidupan manusia. Bahkan sudah jadi industri yang tetap berkembang bertepatan munculnya penemuan-penemuan baru yang terkait mobil. Di Amerika Serikat bahkan banyak ada industri yang membuat mobil dari mulai rasio kecil sampai rasio besar. Tapi, kelihatannya hanya mereka yang bermodal besar saja yang bisa bertahan.

Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya jadi tinggal 44 saja pada 1929. Dari banyaknya itu, 80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler. Pada dekade ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sampai pemilik mobil tidak rasakan kesepian waktu berkendara seorang diri.


Dekade 1940 

Di pertengahan masa 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif diserang imbasnya. Mereka jadi konsentrasi untuk bikin kendaraan yang bisa bermanfat di medan perang. Salah satu penemuan penting di dekade ini adalah kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini demikian pas digunakan untuk medan perang yang mempunyai kondisi tanah tidak rata. Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang cukup tinggi walaupun harus mencari wilayah berkontur naik turun. Saat ini, orang mengenalnya dengan panggilan Jeep.

Dekade 1950 

Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa tingkatkan teknologi yang mereka punyai saat itu. Ada mesin dengan teknologi injeksi pada Januari 1951. Mobil pertama yang menggunakan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke-2 mobil ini resmi dipasarkan ke masyarakat dan memperoleh sambutan cukup positif.

Awal 1956, teknologi baru kembali diketahui. Kesempatan kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan masyarakat saat itu pada banyaknya karbondioksida yang tetap makin bertambah. Bertepatan perubahan banyaknya kendaraan yang makin bertambah. Tapi, teknologi karya Eugene Houdry itu saat itu masih cuma uji coba dan diterapkan untuk mesin mempunyai bahan bakar bensin. Tapi, ide ini bisa dimaksud sudah jauh ambil langkah ke depan dibanding teknologi yang berkembang saat itu.

Dekade 1960 

Kisah mobil masuk waktu yang makin maju. Mobil sudah semakin memasyarakat dengan design yang lebih compact dan fungsional. Ini tidak lepas dari efek kehadiran VW Beetle yang mempunyai design tidak biasa dan ditahbiskan jadi mobil rakyat. VW Beetle jadi inspirasi dari timbulnya seri Corolla, Civic, dan Focus. Yang dimaksud mobil-mobil pionir dengan design lebih simpel dan tidak besar. Sejak mulai itu, produsen mobil mulai berlomba membuat kendaraan yang lebih simpel.

Dekade 1970 

Sisi keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dengan diawali munculnya teknologi airbag pada 1974. Ditambahkan sabuk pengaman yang bisa membantu penumpang lepas dari cedera akut waktu alami kecelakaan. Ini tidak lepas dari kecepatan mobil yang tetap semakin bertambah tinggi.

Mesin-mesin yang digunakan mempunyai potensi semakin besar yang berpengaruh dengan kecepatan maksimal yang lebih tinggi. Bisa dibuktikan pada 1970, satu kendaraan bermesin istimewa bisa melesat sampai 1.000 km/jam. Kendaraan yang diberi nama “Blue Flame” ini ditahbiskan jadi kendaraan paling cepat di bumi. Waktu ditangani tes di Padang Garam Bonneville, Utah, Amerika Serikat.

Dekade 1980 dan 1990 

Setelah Amerika Serikat sempat merajai otomotif dunia beberapa dekade, mulai 1980, ada pesaing berat. Jepang yang porak poranda sebab perang sudah mulai kembali bangkit. Merek-merek Jepang seperti Honda dan Toyota bahkan sudah bisa tembus pasar Amerika Serikat. Produsen Jepang menawarkan kendaraan yang berbeda dari produk Negeri Paman Sam. Sampai menarik minat masyarakat dari sana.

Teknologi yang dinaikkan dapat bersaing dengan mobil-mobil produksi Amerika Serikat dan Eropa. Seperti waktu Toyota untuk pertama kalinya memperkenalkan Toyota Prius yang fenomenal pada 1997. Toyota Prius jadi mobil hybrid pertama di dunia. Mobil ini jadi inspirasi dari mobil-mobil berteknologi hari depan yang diproduksi beberapa puluh tahun kemudian.

Dekade 2000 

Kisah mobil tetap berkembang dengan positif pada milenium ke-2. Beberapa teknologi terbaru banyak ada. Semua memiliki arah untuk bikin kendaraan yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Tekad membuat kendaraan ramah lingkungan terlihat waktu Peugeot bisa membuat pemerintah dan produsen otomotif di Eropa mulai menggunakan filter di mesin mobil.

Penggunaan filter ini selanjutnya jadi keharusan buat semua mobil produksi Eropa untuk kesehatan beberapa penggunanya. Honda pun tidak ingin kalah. Pada 2007 pabrikan asal Jepang ini mulai membuahkan mobil mempunyai bahan bakar hidrogen yang ramah lingkungan. Mobil produksi Honda ini diberi nama FCX Clarity.

Waktu Depan 

Mesin yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan jadi konsentrasi setiap pabrikan otomotif di dunia. Walaupun masih cuma rasio prototipe, produsen menujukkan keseriusan mereka pada dampak dari makin banyaknya CO2 di muka bumi. Seperti yang dipertunjukkan VW waktu memperkenalkan protitipe kendaraan hemat bahan bakar mereka pada Maret 2013. Saat itu, VW perlihatkan mobil buatan mereka yang bisa menempuh jarak 100 km cukup cuma 1 liter bensin saja.

Di dunia balap Formula 1 mengawali diperkenalkan kendaraan dengan menggunakan tenaga baterai. FIA jadi otoritas balap mobil dunia sudah mulai membuat event balap mobil listrik ini pada 2014. Gagasannya, pada 2018 ini akan mulai diadakan balapan mobil formula dengan mesin bertenaga listri. Teknologi paling maju saat ini adalah yang dinaikkan oleh Tesla. Pabrikan ini membuat mobil otonom laiknya pesawat dengan mode autopilot. Walaupun banyak memperoleh kritikan, tapi minat masyarakat pada mobil otonom ini kenyataannya cukup besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...