Kenapa Keyboard Susunannya QWERTY? - Chrno History

Kenapa Keyboard Susunannya QWERTY?

Chrno History - Computer dan mesin tik merupakan contoh antara banyaknya teknologi yang dibikin untuk memudahkan manusia dalam kerja persoalan pekerjaan. Lebih mengenai banyak hal yang berkaitan dengan dokumen, surat-menyurat, dan sebagainya. Bicara mengenai dokumen, surat-menyurat, dan semua yang berkaitan dengan pengolah kata pasti tidak lepas peranannya dengan papan catat atau keyboard. Keyboard tentu saja adalah perangkat yang digunakan untuk menulis huruf per huruf. Sampai selanjutnya jadi barisan kata dan terciptalah beberapa dokumen.

Kenapa Keyboard Susunannya QWERTY? - Chrno History

Tapi ada hal menarik dari papan catat atau keyboard yang ada di computer dan mesin tik. Yakni mengapa keyboard computer tidak menggunakan sususan huruf ABCDE saja untuk memudahkan pengguna saat menulis. Tapi justru menggunakan susunan huruf QWERTY yang bisa dimaksud sulit jika belum terbiasa. Penggunaan huruf QWERTY pada mesin tik dan computer kenyataannya ada sejarahnya dan termasuk juga menarik. Oleh karenanya, berikut ini adalah penuturannya.

Kisah Keyboard QWERTY 

Mesin tik merupakan salah satu teknologi pengolah kata yang diluncurkan pertama kali serta dilihat seperti cikal akan dari perangkat computer. Mesin catat sendiri pertama kali dibikin dan diketahui oleh Christopher Latham Sholes dan ciptaannya laku dengan komersil di market. Sebelum Sholes, sebenarnya sempat ada nama Henry Mill dan William Justin Burt yang dijelaskan jadi pencipta mesin catat. Tapi sayangnya, mesin catat yang mereka membuat tidak sempurna. Dan bahkan mesin catat itu kerja lebih lama dibandingkan waktu menulis menggunakan tangan. Oleh karena itu, tidak bingung jika mesin catat buatan Bury dan Mill tidak laku di market.

Mesin catat yang tidak sempurna itu kemudian sukses dinaikkan oleh Christopher Latham Sholes dan dua rekannya. Lihat keberhasilan mekanisnya membuat perusahaan E. Remington and Sons beli serta mematenkan teknologi itu. Kian waktu setelah itu, mesin catat buatan Sholes selanjutnya banyak digunakan beberapa bangsawan, penulis profesional, dan beberapa pekerja kantoran.

Keyboard Computer Menggunakan QWERTY 

Tentang awalnya mesin catat dibikin menggunakan keyboard ABCDE. Normal saja, seperti tempat alphabet yang kita kenal. Tapi susunan huruf ABCDE membuat beberapa juru catat bisa menulis demikian cepat. Sampai membuat mesin ini alami persoalan saat itu. Mesin catat yang dibikin Sholes sering alami kegagalan mekanik dan alami permasalahan macet waktu dipaksa.

Sholes menaruh semua persoalan atas penemuannya dan berusaha mencari jalan keluar yang cocok. Atas opini dari rekannya, Sholes putuskan mengacak-acak susunan huruf pada keyboard mesin catat penemuannya. Lalu terciptalah susunan huruf yang ada di smartphone, laptop dan pc anda. Yaitu susunan huruf QWERTYUIOP dan lain-lain.

Buat Sholes, susunan huruf QWERTY adalah susunan huruf yang paling sulit dan sulit. Untuk kurangi kecepatan juru catat saat menulis. Tujuannya jelas, dengan melambatnya juru catat saat menulis. Karenanya kegagalan mekanik mungkin tidak berjalan .

Susunan pada mesin catat itu yang selanjutnya diturunkan pada keyboard computer. Dan susunan huruf QWERTY diresmikan jadi keyboard standar ISO (Inernational Standar Organization) pada tahun 1973. Itu kisah awal perubahan keyboard ABCDE ke QWERTY. Dan susunan huruf QWERTY bertahan sampai sekarang ini.

Susunan Huruf Keyboard Bukan sekedar QWERTY 

Bukan sekedar susunan huruf QWERTY dari hasil pemikiran Sholes. Sebenarnya masih ada susunan huruf lain yang didapati dengan ASK (American Simplified Keyboard). dan umum disebut susunan huruf DVORAK. Menurut hasil analisis analisa menerangkan bila susunan huruf DVORAK punyai kekuatan membuat kita menulis makin bertambah cepat dan efisien. Tapi karena DVORAK ada terlambat dibanding QWERTY, karenanya susunan huruf DVORAK tidak buat jadi jadi standar ISO.

Mereka juga tidak mau ubah susunan huruf QWERTY jadi DVORAK. Karena tidak ingin menanggung dampak yang akan berjalan jika QWERTY diganti jadi DVORAK. Karena pada dasarnya, manusia adalah mahkluk yang setia dengan kegiatan rutin. Ini merupakan salah satu ciri-ciri basic yang dimiliki manusia

Seperti yang diambil di dhammacitta.org, Robert L. Goldberg, profesor di Universitas California menerangkan tentang kegiatan rutin. “Kita sudah terbiasa dengan keyboard QWERTY dan itu sebabnya design seperti itu tetap dipertahankan,” Tuturnya. Demikian, kisah awal susunan huruf ABCDE diganti jadi QWERTY pada keyboard mesin catat. Dan diterapkan sampai hari ini pada keyboard smartphones, pc, dan laptop anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...