Sejarah Teleskop dan Jenis-Jenisnya - Chrno History

Sejarah Teleskop dan Jenis-Jenisnya

Chrno History - Teleskop merupakan satu alat yang digunakan untuk kemungkinan besar lihat dan memerhatikan beberapa benda yang jauh agar terlihat lebih dekat. Yang tidak kemungkinan besar untuk kita lihat lebih jelas dengan mata telanjang. Teleskop merupakan penemuan penting dalam kisah manusia. Teleskop hadir dari bahasa yunani yaitu tele yang mempunyai arti jauh dan kata skopien yang mempunyai arti lihat.

Sejarah Teleskop dan Jenis-Jenisnya - Chrno History

Di pengetahuan astronomi, teleskop digunakan untuk pelajari dan lihat lebih dekat bintang dan planet-planet di luar angkasa. Bukan hanya itu, terdapat beberapa faedah lainnya dari teleskop dalam kehidupan manusia. Karena Teropong atau teleskop kemungkinan besar kita untuk lihat benda yang memiliki jarak yang demikian jauh. Dan kemungkinan besar kita untuk tahu lebih detil pada objek itu.

Kisah Penemuan Teleskop dan perubahannya

Ada Beberapa nama besar yang ikut melakukan tindakan dalam penemuan dan pergantian teleskop. Pada awalnya, teleskop dibuat hanya dalam tenggang panjang gelombang kelihatan saja. Seperti yang dibuat oleh Hans Lippershey, Cristian Huigen, Galileo, Newton, Foucault, Hale, Meinel, dan lainnya. Kemudian berkembang ke panjang gelombang radio setelah tahun 1945. Saat ini teleskop meliput semua spektrum elektromagnetik setelah makin majunya pencarian angkasa setelah tahun 1960. Untuk lebih detil lihat pada pemkajian dibawah

1. Hans Lippershey 1570 - 1619

Teleskop pertama kali dibuat pada tahun 1608 oleh ilmuan dari belanda yaitu Hans Lippershey. Teleskop itu menggunakan lensa yang membuat objek jarak jauh jadi terlihat lebih dekat.

2. Galileo Galilei 1564 -1642

Dengan teleskop refraktornya yang popular dengan panggilan teleskop. Galileo ini pertama kali yang menggunakan teleskop untuk lihat pergerakan dan perubahan benda langit. Dan untuk lihat venus dan bulan punyai jupiter.

3. Christian Huygens 1629-1695

Teleskop Galileo tetap disempurnakan oleh ilmuwan lain seperti Christian Huygens yang dapatkan Titan. Dan satelit Saturnus, yang jaraknya ada hampir 2 kali jarak orbit Bumi dengan Yupiter

4. Johannes Kepler 1571-1630

Pergantian teleskop dibarengi dengan pergantian perhitungan gerak beberapa benda langit. Dan hubungan satu dengan yang lain melalui Johannes Kepler yang popular dengan Hukum Kepler.

5. Sir Isaac Newton 1642 - 1727

Sir Isaac Newton merupakan orang yang pertama kali dapatkan teleskop pantul, beliau menggunakan kaca cekung untuk memantulkan cahaya. Setelah itu, Sir Isaac Newton melanjutkan pergantian perhitungan gerak beberapa benda langit dan dapatkan hukum gravitasi. Dengan dua teori perhitungan Hukum kepler bersama dengan hukum gravitasi tersebut yang kemungkinan besar pencarian. Dan perhitungan beberapa benda langit selanjutnya.

6.William Herschell 1738 - 1822

William Herschell membuat teleskop pantul yang besar sekali dan memiliki lubang lensa `120 cm untuk dalami objek-objek yang terlihat kabur awalannya.

7. Edwin Hubble 1889-1953

Membuat dan membuat teleskop 2,4 mtr untuk dapatkan pelebaran alam semesta. Setelah itu teleskop antariksa Hubble mengorbit bumi dan memberikan pencitraan gambar dari bagian paling jauh dari alam semesta.

Beberapa jenis Tipe Teleskop

Pada intinya teleskop dibagi jadi tiga tipe, yaitu teleskop Refraktor atau teleskop bias. Yang ke-2 teleskop Reflektor atau teleskop pantul. Dan yang ke-3 adalah teleskop kombinasinasi antara keduanya.

Teleskop Refraktor atau teleskop Bias

Galileo menggunakan teleskop tipe ini untuk lihat pergerakan bulan dan planet planet di luar angkasa. Galileo diakui jadi orang pertama yang bawa serta teleskop untuk meliat benda benda langit. Dengan teleskop refraktor nya dia bisa lihat bulan sampai 30 lebih jelas dari awalnya. Teleskop bias memiliki dua lensa. Lensa yang besar berada di sisi depan teleskop yang bertindak untuk mengumpulkan cahaya. Lensa ini disebut dengan lensa obektif. Sedang lensa yang ke-2 sedikit lebih kecil dari lensa depan dan bertindak untuk konsentrasi cahaya kemata.

Teleskop Reflektor Atau Teleskop Pantul

Teleskop pantul atau Reflektor ini memiliki cermin cekung besar untuk mengumpulkan cahaya. Dan lensa datar kecil untuk memantulkan cahaya kemata. Pada tahun 1668 teleskop reflektor pertama kali dibuat oleh Isacc Newton dengan menggunakan lensa penting hanya sebesar 7,5 Cm. Teleskop kekinian menggunakan lensa yang makin besar. Jadi contoh teleskop keck yang berada di Hawaii. Teleskop ini memiliki 36 cermin bersisi enam yang digabungkan untuk membuat lensa sepanjang 10 mtr lebih. Hasil pencitraan ditempatkan dan dapat dilihat pada monitor computer.

Teleskop Catadioptri

Teleskop Catadioptri ini menyatukan atara lensa dan cermin cekung. Bisa disebut teleskop tipe ini merupakan hasil penggabungan antara ke-2 Tipe Teleskop diatas. Pola Catadioptri ini bukan hanya digunakan pada teleskop saja tapi untuk mikroskop menggunakan pola catadioptri.


Tipe Teleskop Berdasarkan pada Spektrum Elektromaknetik

Teleskop radio, Submillimetre telescopes, Teleskop inframerah, Teleskop optik, Ultraviolet telescopes, Teleskop sinar-X, Sinar gamma. Sebenarnya objek luar angkasa hanya bisa dilihat berupa cahaya redup. Karena efek atmosfir bumi yang ikut mengaburkan pandangan melalui teleskop. Ahli astronomi membuat CCD atau Charged Caupled Devices. Selain itu Teleskop Hubble mengorbit diatas atmosfir bumi sampai cahaya yang dibikin lebih jelas. Teleskop Radio, Sinar X, Inframerah dan sinar gamma mengumpulkan tipe radiasi daya lainnya dari galaksi. Dan bintang yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...