Tentang Satelit dan Sejarahnya - Chrno History

Tentang Satelit dan Sejarahnya

Chrno History - Kata satelit datang dari kata latin satelles yang disimpulkan pelayan. Atau satu orang yang patuhi atau layani faksi lain. Sedang dengan ilmiah, satelit ialah satu benda yang bergerak mengelilingi benda lain—biasanya lebih besar— dalam jalan yang bisa diperkirakan. Yang disebutkan orbit, atau secara singkat tiap benda angkasa yang bergerak mengelilingi satu planet membuat jalan lingkaran atau eliptikal. Sedang satelit bikinan ialah ciptaan manusia yang dikeluarkan dalam satu orbit, umumnya untuk kepentingan komunikasi. Bagaimana riwayat serta perubahan satelit? Silahkan baca sejarahnya ya :)

Tentang Satelit dan Sejarahnya - Chrno History

Satelit Pertama 

Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, dikeluarkan oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957. Dan memulai Program Sputnik Rusia, dengan Sergei Korolev jadi kepala disain dan Kerim Kerimov jadi asistentnya. Peluncuran ini mengakibatkan lomba ruang angkasa (ruangan race) antara Soviet dan Amerika. Sputnik 1 membantuk mengidentifikasi kepadatan formasi atas atmosfer dengan jalan mengukur perubahan orbitnya. Dan memberikan data dari distribusi signal radio pada formasi ionosphere.
Karena badan satelit ini berisi nitrogen bertekanan tinggi, Sputnik 1 memberi kesempatan pertama dalam pendeteksian meteorit. Karena hilangnya tekanan dalam karena oleh penetrasi meteroid bisa dilihat melalui data suhu yang dikirimkannya ke bumi.

Perubahan Satelit Sesudahnya 

Sputnik 2 dikeluarkan pada tanggal 3 November 1957 dan bawa serta awak mahluk hidup pertama ke orbit, seekor anjing bernama Laika. Pada bulan Mei, 1946, Project Rand mengeluarkan design preliminari untuk experimen wahana angkasa untuk mengedari dunia. Yang menjelaskan bila, "satu kendaraan satelit yang berisi instrumentasi yang cocok bisa diharapkan jadi alat pengetahuan yang hebat untuk masa ke duapuluh". Amerika sudah pikirkan untuk keluarkan satelit pengorbit sejak 1946. Dibawah Kantor Aeronotis angkatan Laut Amerika (Bureau of Aeronautics of the United States Navy).

Project RAND punyai Angkatan Udara Amerika selanjutnya mengeluarkan laporan di atas. Tetapi tidak mengutarakan bila satelit memiliki kemampuan jadi senjata militer. Tetapi, mereka memandang jadi alat pengetahuan, politik, dan propaganda. Pada tahun 1954, Sekertari Pertahanan Amerika menjelaskan, "Saya tidak paham adanya satupun program satelit Amerika."

Beberapa Project Satelit Dunia 

Pada tanggal 29 Juli 1955, Gedung Putih mencanangkan bila Amerika Serikat akan ingin keluarkan satelit pada musim semi 1958. Ini seterusnya dijumpai jadi Project Vanguard. Pada tanggal 31 Juli, Soviets memberitahukan bila mereka akan keluarkan satelit pada musim gugur 1957. Turuti tekanan dari American Rocket Society, the National Science Foundation, and the International Geophysical Year, interest angkatan bersenjata makin bertambah. Dan pada awal 1955 Angkatan Udara Amerika dan Angkatan Laut mengerjai Project Orbiter. Yang menggunakan wahana Jupiter C untuk keluarkan satelit. Proyek ini berjalan sukses, dan Explorer 1 jadi satelit Amerika pertama pada tanggal 31 januari 1958.

Pada bulan Juni 1961, tiga 1/2 tahun setelah meluncurnya Sputnik 1. Angkatan Udara Amerika menggunakan beberapa fasilitas dari Jaringan Mata Angkasa Amerika. Untuk mengkatalogkan beberapa 115 satelit yang mengorbit bumi. Satelit buatan manusia terbesar pada saat ini yang mengorbit bumi adalah Station Angkasa Interasional.

Tipe satelit 


  • Satelit astronomi adalah satelit yang digunakan untuk memerhatikan planet, galaksi, dan objek angkasa lainnya yang jauh. 
  • Satelit komunikasi adalah satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan arah telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. Biasanya satelit komunikasi menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner. Walaupun beberapa tipe terbaru menggunakan satelit pengorbit Bumi rendah. 
  • Satelit pengamat Bumi adalah satelit yang diperkirakan istimewa untuk memerhatikan Bumi dari orbit. Seperti satelit reconnaissance tetapi ditujukan untuk penggunaan non-militer seperti penilaian lingkungan, meteorologi, pembuatan peta, dan sebagainya. 
  • Satelit navigasi adalah satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah. Untuk pastikan tempat satu titik dipermukaan bumi. Salah satu satelit navigasi yang betul-betul populer adalah GPS punyai Amerika Serikat. Selain itu ada juga Glonass punyai Rusia. Bila pandangan antara satelit dan penerima di tanah tidak ada permasalahan. Karenanya dengan satu alat penerima sinyal satelit (penerima GPS), bisa didapatkan data tempat di satu tempat dengan ketelitian beberapa mtr. dalam tempo riil. 
  • Satelit mata-mata adalah satelit pengamat Bumi atau satelit komunikasi yang digunakan untuk arah militer atau mata-mata. 
  • Satelit tenaga surya adalah satelit yang diusulkan dibuat di orbit Bumi tinggi yang menggunakan transmisi tenaga gelombang mikro. Untuk menyorotkan tenaga surya pada antena besar sekali di Bumi yang dpaat digunakan untuk menukar sumber tenaga konvensional. 
  • Stasiun angkasa adalah formasi buatan manusia yang diperkirakan jadi rumah manusia di luar angkasa. Stasiun luar angkasa dibedakan dengan pesawat angkasa lainnya oleh tiadanya propulsi pesawat angkasa penting atau fasilitas pendaratan. Dan kendaraan lain digunakan jadi transportasi dari dan ke stasiun. Stasiun angkasa diperkirakan untuk hidup jangka-menengah di orbit, untuk periode mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan. 
  • Satelit cuaca adalah satelit yang diguanakan untuk memerhatikan cuaca dan iklim Bumi. 
  • Satelit miniatur adalah satelit yang gampang dan kecil. Klasifikasi baru dibuat untuk mengkategorikan satelit-satelit ini. Satelit mini (500–200 kg), satelit mikro (di bawah 200 kg), satelit nano (di bawah 10 kg). 

Tipe orbit 

Banyak satelit dikelompokkan atas ketinggian orbitnya, walaupun satu satelit bisa mengorbit dengan ketinggian berapapun.

  • Orbit Rendah (Low Earth Orbit, LEO): 300 - 1500km di atas permukaan bumi. 
  • Orbit Menengah (Medium Earth Orbit, MEO): 1500 - 36000 km. 
  • Orbit Geosinkron (Geosynchronous Orbit, GSO): sekitar 36000 km di atas permukaan Bumi. 
  • Orbit Geostasioner (Geostationary Orbit, GEO): 35790 km di atas permukaan Bumi. 
  • Orbit Tinggi (High Earth Orbit, HEO): di atas 36000 km. 

Orbit tersebut orbit istimewa yang digunakan untuk mengkategorikan satelit:

  • Orbit Molniya, orbit satelit dengan perioda orbit 12 jam dan inklinasi sekitar 63°. 
  • Orbit Sunsynchronous, orbit satelit dengan inklinasi dan tinggi tertentu yang masih melalui ekuator pada jam lokal yang sama. 
  • Orbit Polar, orbit satelit yang melalui kutub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...