Tentang Winamp dan Sejarahnya - Chrno History

Tentang Winamp dan Sejarahnya 

Chrno History - Winamp ialah aplikasi open source yg dibuat oleh Nullsoft. Yang Winamp ialah software multimedia pemutar audio serta video yg dapat dirubah penampilannya. Winamp pertama kali dikeluarkan oleh Justin Frankel pada tahun 1996. Penghargaan buat pembangunan pada saat Winamp diberi pada Ben Allison, Will Fisher, Taber Buhl, Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards dan Stephen Loomis. Pada tahun 2005 pengguna Winamp naik dari 33 juta ke lebih 57 juta. Membuat pemain media yang ke-2 paling aktif digunakan seluruh dunia, hanya mengikuti Windows Media Player. Pertama kali ada di 21 April 1997, WinAmp ialah aplikasi pemutar file MP3 yang terintergrasi untuk Windows. Versi 0.20a ini ialah freeware, yang hanya tunjukkan tombol play, open, stop, dan pause.

Tentang Winamp dan Sejarahnya - Chrno History

Winamp 0.92 

Pada Mei 1997, WinAmp 0.92 dikeluarkan. Versi Winamp ini disebutkan jadi Winamp classic atau Winamp GUI. Berbentuk persegi panjang abu-abu gelap, dengan tombol perak 3D, volume slider hijau merah, timer dalam huruf lampu LED hijau. Dengan trackname, MP3 bitrate dan "mixrate" dalam warna hijau , ditambah playlist. Belum ada tempat bar, dan ruangan kosong yang mana spektrum analyzer dan analisa gelombang kelak akan ada.

Winamp 1 

Hanya berlalu sebulan, yaitu pada 7 Juni 1997, versi 1,006 dibuat. Dicatat dengan "Win amp" (huruf kecil), yang diperuntukkan untuk perlihatkan penganalisis spectrum. Winamp versi ini adalah shareware. Seterusnya Winamp versi 1.90 dikeluarkan pada 31 Maret 1998. Dengan memberikan tambahan plugin yang dapat diunduh di situs resmi Winamp. Versi ini jadi versi yang pertama yang dapat memutar audio dalam format yang lebih umum. Plugin ini terhitung plugin input dua (MOD dan MP3) dan visualisasi. Hanya berlalu 18 hari, versi 1.91 dikeluarkan. Pada Juli 1998 Winamp telah diunduh lebih dari 3 juta kali, dalam beberapa versi.

Winamp 2 

Winamp 2.0 pertama kali dikeluarkan pada 8 September 1998. Versi ini naikkan faedah playlist, equalizer lebih pas, makin banyak plugin, dan mulai memperkenalkan plugin Skin. Pada 24 Maret 1999, Winamp 2.10 ada, menyertakan versi baru dari "Llama" demo.mp3, yang menyerang dan mengembik. Seterusnya, pada Juni 1999, Nullsoft dibeli oleh AOL, dengan saham US $ 80 juta. Pada Desember 1999, Nullsoft Winamp mengeluarkan kembali situs winamp.com. Yang memberikan kemudahan pengunduhan skin, plugin, audio streaming, ambil lagu, komune, serta sumber daya pengembang. Tanggal 22 Juni 2000, Winamp tercantum telah melewati 25 juta pengguna.

Winamp 3 

Pada 9 Oktober 2001, Nullsoft mengeluarkan versi alpha dari Winamp3 yang diperuntukkan suport skema operasi LINUX. Pada 9 Agustus 2002, Winamp3 versi standar dikeluarkan. Dicatat tanpa pemisahan “3” untuk ciri file MP3. Winamp3 kenyataannya kurang sukses sampai banyak pengguna yang kembali memakai Winamp 2. Ini karena banyak pengguna dapatkan kekurangan Winamp3. Seperti loading lebih berat, kurang stabil, kekuatan counting keseluruhnya track yang alami penurunan. Skin dan plugin dari winamp 2 yang tidak sinkron. Selanjutnya, Nullsoft tingkatkan kembali Winamp 2 sampai versi 2,91 di tahun 2003. Versi beta dari 2.92 dan 2.95 seterusnya dikeluarkan dengan masukan beberapa fitur Winamp 5 yang akan dikeluarkan kemudian.

Winamp 5 

Selanjutnya Winamp 5.0 dikeluarkan pada Desember 2003. Memang sengaja tidak ada versi 4 untuk winamp. Winamp 5 didasarkan pada basis kode Winamp 2, ditambah beberapa fitur Winamp3. Contohnya skin modern. Mulai versi 5.2, winamp terintegrasi dan memberikan suport iPod.

Jadi perayaan telah sepuluh tahun winamp dikeluarkan, karenanya pada 10 Oktober 2007 diluncurkanlah Winamp 5.5. Banyak fitur baru yang diikutkan, seperti memberikan tambahan pada album, player terpadu, library media, skin antarmuka. Terhitung mengeluarkan suport untuk beberapa bahasa. Seperti Jerman, Polandia, Rusia dan Perancis. Versi ini tidak memberikan suport Windows 9.x.

Perbaikan-perbaikan kekurangan dan memberikan tambahan fitur baru terus ditangani dalam versi 5.5 ini. Sampai terakhir tercantum peluncuran Winamp versi 5.581, dinaikkan dari tahun 2009 sampai tahun 2010. Seterusnya versi terbaru dikeluarkan. Yaitu Winamp versi 5.63. sampai waktu yang terbaru winamp 2013-2014.

Berakhirnya Winamp 

Pada tanggal 20 November 2013, AOL memberitahukan bila Winamp.com akan ditutup pada tanggal 20 Desember 2013. Dan perangkat lunak tidak ada untuk diunduh atau didukung oleh perusahaan setelah tanggal itu. Hari seterusnya, laporan tidak resmi ada bila Microsoft sedang dalam pembicaraan dengan AOL. Untuk mengakuisisi kekayaan intelektual dari Winamp dan Shoutcast. Tuntutan daring diberi meminta AOL untuk melanjutkan penambahan Winamp atau untuk melepaskannya open source. Dengan rilis Winamp versi 5.66 pada tanggal 20 November 2013. AOL memberitahukan bila Winamp.com akan dimatikan pada tanggal 20 Desember 2013. Dan Winamp akan berhenti ditawarkan untuk diunduh setelah tanggal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...