Adobe Photoshop, Lahir dan Perkembangannya - Chrno History

Adobe Photoshop, Lahir dan Perkembangannya

Chrno History - Penambahan manipulasi gambar digital banyak merubah industri fotografi. Penambahan itu membuat seni pengolah gambar (photo retouching) dan mengubah langkah kerja. Produk yang biasanya hanya dapat dibikin oleh fotografer profesional selama berjam-jam atau bahkan beberapa waktu. Saat ini dapat dibuat oleh seniman amatir sekalipun. Manipulasi gambar digital telah memberikan banyak sekali hal di dunia fotografi. Dengan kemungkinan besar manipulasi yang permulaannya sulit atau bahkan juga pun tidak mungkin. Adobe Photoshop melakukan tindakan besar dalam pergantian dunia digital saat ini.

Adobe Photoshop, Lahir dan Perkembangannya - Chrno History

Apa Adobe Photoshop itu? 

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop adalah software yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto dengan profesional. Baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana atau yang sulit sekalipun. Program ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan. Sampai dilihat seperti pemimpin pasar (market leader) untuk software pengolah gambar/foto.

Kata Photoshop diambil dari kata Photoshopping yang disebutkan satu neologisme, yang berarti “menyunting satu gambar”. Photoshop memiliki kekuatan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster. Seperti .png, .gif, .jpeg / .jpg, dan lain-lain. Photoshop memiliki beberapa format file keunikan:

  • .PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar berupa layer, terhitung teks, mask, opacity, blend mode, kanal warna, kanal alpha, clipping paths, dan seting duotone
  • .PSB’ adalah versi terbaru dari PSD yang dibikin untuk file yang mempunyai ukuran lebih dari 2 GB 
  • .PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat memberikan suport fitur software PhotshopDeluxe

Tool dalam Adobe Photoshop adalah alat yang dapat membantu pengguna dalam mengedit. Adobe Photoshop CS3 memiliki 59 tool yang dapat dipakai oleh pengguna. Tool-tool itu terdiri dari beberapa macam tool dengan faedah yang detail. Beberapa tool – tool yang ada di Photoshop salah satunya : Move Tool, History Brush Tool, Eraser Tool, Path Selection Tool, Direct Selection Tool, Pen Tool, Shape Tool, Brush Tool, Audio Annotation Tool, Eyedropper Tool, Measure Tool, Text Tool, Hand Tool, 3D Object Rotate Tool, 3D Rotate Camera Tool

Pencipta Photoshop 

Photoshop mulai dinaikkan pada tahun 1987 oleh dua orang bersaudara, yakni Thomas Knoll dan John Knoll. Didepannya perubahannya, program ini bernama Display (1987). Seterusnya ditahun seterusnya (1988) namanya diganti jadi “ImagePro”. Dan di tahun 1989, setelah jadi bagian dari perusahaan Adobe, program itu diganti namanya jadi “Photoshop” atau “Adobe Photoshop”. Dan bertahan sampai sekarang ini.

Jennifer in Paradise, Narasi Disebalik Gambar Revisi Pertama Photoshop 

Adobe Photoshop, Lahir dan Perkembangannya - Chrno History

Jika lihat gambar di atas seperti tidak ada yang demikian istimewa. Tapi foto yang diambil pada tahun 1987 oleh John Knoll itu menjadi istimewa. Karena ialah gambar pertama yang menggunakan teknologi revisi dan jadi kisah timbulnya Photoshop. Wanita yang ada di foto itu bernama Jennifer, yang disebutkan istri dari John Knoll. Saat itu ke-2 pasangan muda yang kerja dengan di Industrial Light & Magic (ILM). Satu perusahaan efek istimewa Lucasfilm sedang nikmati hari libur kerja mereka.

Jennifer yang menggunakan bikini di foto oleh Knoll di pantai BoraBora, Tahiti dengan lihat ke satu pulau bernama To’opua. Dengan teknik fotografi, mungkin sebenarnya tidak ada yang demikian istimewa dari foto Jennifer itu. Tapi gambar itu menjadi satu catatan penting buat pergantian industri revisi seperti sekarang ini. Dari gambar itu Knoll sukses membuat satu proyek yang didapati jadi Pixar Image Computer. Software pertama yang dapat digunakan untuk memanipulasi gambar.

Awalnya, Knoll salah satu pengembang Adobe Photoshop, alami kesulitan. Karena untuk tingkatkan mesin Pixar membutuhkan biaya beberapa ratus ribu dolar. Dan untuk lakukan software revisi gambar yang demikian kompleks, itu butuh satu orang operator istimewa yang terlatih. Knoll seterusnya bertandang ke saudaranya bernama Thomas. Yang saat itu tengah akhiri doktor pengetahuan computer di University of Michigan, Amerika Serikat.

Knoll terkejut rasakan saudaranya itu sedang tingkatkan software sama juga dengan Macintosh Plus yang baru saja dibelinya. Knoll seterusnya meminta saudaranya itu untuk tingkatkan aplikasi itu. “Itu benar-benar hanya hobi awalnya. Tapi saya terus minta untuk memberi penambahan makin banyak fitur,” kata Knoll.

Selanjutnya mereka memiliki satu yang John meyakini bisa mereka jual. Cuma satu persoalan adalah, dengan begitu sedikit gambar digital yang ada waktu itu. Sulit untuk perlihatkan apa yang bisa ditangani dengan menggunakan software baru mereka. Tidak hilang akal, Knoll seterusnya bertandang ke temannya di Advanced Technology Group lab Apple. Agar bisa menggunakan satu diantara scanner flatbed mereka. Nah, saat itu cuma satu foto yang dia bawa juga adalah foto istrinya, Jennifer yang berpose di Tahiti baru saja. Karenanya seterusnya, foto hasil editan Knoll itu dinamakan “Jennifer in Paradise”. Dan selanjutnya dijumpai jadi image hasil olah Photoshop pertama di dunia, yang saat itu masih bernama Display.

Lahirnya Photoshop 

Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis satu program pada Macintosh Plus-nya. Untuk tunjukkan gambar grayscale pada monitor monokrom. Program ini, yang disebut “Display”, menarik perhatian saudaranya John Knoll, satu orang karyawan di Industrial Light & Magic. Yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya jadi program penyunting gambar penuh.

Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk bekerja bersama dengan saudaranya pada program itu. Yang telah dirubah namanya jadi “ImagePro”. Setelah tahun itu (1989), Thomas mengubah nama programnya jadi Photoshop serta itu waktu lahirnya Photoshop. Thomas kerja dalam periode pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program itu dengan slide scanner. “Total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan” dengan langkah tersebut.

Selama waktu itu, John pelesiran ke Silicon Valley di California. Dan memberikan demonstrasi program itu pada insinyur di Apple Computer Inc dan Russell Brown, direktur seni di Adobe Systems Inc. Ke-2 demonstrasi itu sukses, dan Adobe putuskan untuk beli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sekejap John kerja pada plug-in di California, Thomas masih di Ann Arbor untuk menulis kode program.

Penambahan Photoshop 

Photoshop 1.0 dikeluarkan pada 1990. Program itu mempunyai sama dengan sekeping floppy disk (1,4 Mb) yang hanya bisa dioperasikan untuk computer ber-platform Macintosh. Selanjutnya, Adobe Photoshop mulai mencatat kisah sampai jadi salah satu masterpiece di dunia teknologi informasi. Next, Adobe Photoshop 2.0 dikeluarkan pada Juni 1991. Yang balik lagi hanya bisa dioperasikan di bawah basis Macintosh.

Bertepatan dengan perubahannya, Windows dilihat mulai kuasai pasar computer. Karenanya pada tahun 1992 diluncurkanlah Adobe Photoshop Versi 2.5. Yang pertama kalinya bisa dioperasikan ke Windows. Pada November 1993, kembali dikeluarkan versi 2.5.1. Tapi kesempatan kali ini Windows tidak diikutsertakan. Baru pada Versi 3.0 di tahun 1994 dikeluarkan kembali untuk Macintosh & Windows.

Itu rentetan versi Adobe Photoshop dari awal sampai sekarang ini:

versi 0.07 (Januari 1988)
versi 0.63 (Oktober 1988)
versi 0.87 (March 1989)
versi 1.0 (Februari 1990)
versi 2.0 (Juni 1991)
versi 2.5 (November 1992)
versi 3.0 (November 1993)
versi 4.0 (November 1996)
versi 5.0 (Mei 1998)
versi 5.5 (Februari 1999)
versi 6.0 (September 2000)
versi 7.0 (Maret 2002)
versi 7.0.1 (Agustus 2002)
CS (8.0) Oktober 2003
versi CS2 (9.0) April 4 2005
versi CS3 (10.0) 16 April 2007
versi CS4 (11.0) 15 Oktober 2008
versi CS5 (12.0) 30 April 2010
versi CS5.1, CS5.1 Extended (12.1, 12.0.4) 3 Mei 2011
versi CS6, CS6 Extended (13.0) 7 Mei 2012
versi CC (14.0) 17 Juni 2013
versi CC (14.1) September 2013
versi CC (14.2) Januari 2014
versi CC 2014 (15.0) Juni 2014
versi CC 2014.2.2 (15.2.2) Desember 2014
versi CC 2015 (16.0) 15 Juni 2015
versi CC 2015.1 (16.1) 30 November 2015
versi CC 2015.5 (17.0) 20 Juni 2016
versi CC 2017 (18.0) 2 November 2016

Saat ini Thomas Knoll dan John Knoll kerja di Adobe Skema Inc. Jika disaksikan, nama mereka masih terpampang waktu kita membuka program Adobe Photoshop. Sekaligus terus tingkatkan Photoshop, John masih disibukkan dengan profesinya jadi Visual Effect Supervisor di ILM. Itu riwayat serta perubahan Adobe Photoshop yang dapat kita bagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...