Flashdisk dari Dulu Hingga Sekarang - Chrno History

Flashdisk dari Dulu Hingga Sekarang 

Chrno History - Flashdisk sering disebutkan jadi USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk. Flashdisk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di perangkat ini, tertanam controller dan daya ingat penyimpan data yang berupa non–volatile alias tidak hilang walaupun tidak ada daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk. Ini sebab flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain. Yang kerja dengan mekanik type lain yang umumnya mempunyai potensi daya ingat 128 MB s/d 64 GB.

Flashdisk dari Dulu Hingga Sekarang - Chrno History

Dengan menggunakan interface tipe USBC (Universal Serial Bus), betul-betul praktis dan gampang dengan ukuran seputar 96 x 32 mm. Dan dibagian belakang mempunyai bentuk cukup ke arah keluar, digunakan untuk ruang untuk menaruh baterai tipe AAA. Dan LCD (Untuk Fitur MP3, Voice Recording dan FM Tuner). Dan ada port USB yang disediakan penutupnya yang berbentuk sama dengan body pokoknya. Flashdisk terhitung alat penyimpanan data memory flash tipe NAND (Umumnya digunakan pada Kamera Digital). Ada juga yang dikemas dalam ukuran kecil jadi Compact Flash, SD-Card, MMC dan sejenisnya.

Riwayat Flashdisk 

Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984. Saat sedang kerja pada Toshiba sedang nama flash sendiri dikasih olehkoleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi. Type flash chip type NOR yangdiperdagangkan dikenalkan oleh intel pada tahun 1988. NOR flash adalah flash basic yang memakan waktu yang cukup lama dalammenghapus dan menulis. Tetapi mempersiapkan alamat penuh dan jalan data, memberikan akses dengan acak pada semua tempat daya ingat. Tetapi betul-betul bagus untuk menggantikan ROM model lama. Dimana kemungkinan besar untuk mengupdate kode program yang tersimpan.

Contoh adalah BIOS NAND flash di announced oleh Toshiba pada tahun 1989. Dimana bisa kerjakan proses penghapusan dan tulisan yang makin bertambah cepat, membutuhkan tempat yang kecil untuk chip per selnya. Dengan bertambahnya potensi tetapi biaya dapat didesak menyebabkan flash tipe ini cocok digunakan untuk secondary storage. Belum dapat diyakinkan siapa yang mengembangkannya pertama kali. Karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan. Yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM.

Ukuran data yang dapat disimpan saat itu adalah 8 MB, data terakhir November 2006 telah tiba 64 GB. Bukan hanya ukurannya saja yang berkembang, tetapi bentuk dan faedahnya alami perubahan. Ada flash drive yang memakai rotary design sampai kita tidak butuh kuatir kehilangan penutupnya. Ada flash drive yangdilapisi karet supaya tahan air atau dilengkapi dengan clip carabineer sehinggamudah digantungkan. Bahkan telah dibuat flash drive berbentuk model kartu credit. Namanya wallet-friendly USB. Ukurannya hanya 86 x 54 x 1,9 mm. Jadi, dapat disimpan dengan aman di dompet. Untuk persoalan kemanan yang dimiliki flash drive saat ini cuma membuat perlindungan data yang ada supaya tidak terakses oleh orang yang bukan pemiliknya.

Langkah kerja yang dipakai saat ini salah satunya menggunakan full disk encryption atau physical authentication tokens. Pola terbaru yang diperkenalkan tengah tahun 2005 lalu adalah biometric finger printing. Akan tetapi, langkah sekuritas ini betul-betul mahalkarena menggunakan teknologi tinggi. Pada sebetulnya penggunaan flash drive telah berkembang untuk banyak hal. Contohnya pada suatu artikel di uraikan langkah-langkah mensetting flash driveuntuk mem-boot Windows XP. Ketetapan pokoknya memang motherboard dan BIOS dari computer kita dapat memberikan suport manajemen booting dari flash drive. Beberapa aplikasi bisa digerakkan dari flash drive tidak butuh meng-install nya lebih dulu ke computer

Type Flashdisk 

Dengan pergantian teknologi digital, yang betul-betul cepat salah satu langkah penyimpanan data. Dengan demikian nampaklah beberapa merk dagang dari USB Flashdisk ini. Ada juga menjadikan satu beberapa future pada setiap flashdisk. Misalnya ada player MP3 serta Player Video (MP4) dan sebagainya. Di bawah ini beberapa merk Flashdisk yang banyak dijual dipasaran :

  • USB Drive Kingstoon
  • USB Drive V-Gen
  • USB Drive Adata
  • USB Drive SanDisk
  • USB Drive

Perubahan Flashdisk 

Flash Disk atau Flash Drive adalah media penyimpan data yang menggunakan flash memory dan dibuka menggunakan USB port. Flash disk menggunakan gabungan beberapa teknologi sampai murah, konsumsi daya rendah dan mempunyai ukuran kecil. Basic teknologi yang digunakan untuk daya ingat flash disk adalah EEPROM. Tapi teknologi EEPROM hanya bisa dicatat setelah semua didalamnya dihapus. Ini tentu betul-betul merepotkan. Periset selanjutnya dapatkan satu langkah bagaimana membagi daya ingat dari EEPROM jadi bagian-bagian kecil. Yang bisa dihapus tanpa mengubah bagian lain. Sampai flash disk bisa dicatat apapun keadaannya, seperti yang ada sekarang ini.

Pergantian flash disk betul-betul cepat. Flash disk kali pertamanya dipasarkan pada tahun 2000 hanya mempunyai 8 MB. Sekarang ini, tahun 2011, hanya berlalu 11 tahun, potensi flash disk terbesar yang dipasarkan adalah 256 GB, 32000 kali lipatnya. Pergantian secepat ini karena periset sudah dapatkan teknologi yang semakin hebat. Material yang ada pula lama-lama semakin hebat, terutamanya setelah diketahui dan sukses dimanfaatkannya logam semikonduktor. Bukan hanya disknya, port USB-nya terus berkembang.

USB port yang pertama dikenalkan pada tahun 1996, USB 1.0, memiliki kecepatan transfer data maksimal 12Mbit/s. Sedang USB 2.0, yang dikeluarkan pada tahun 2000, memiliki kecepatan transfer data 480 Mbit/s. 40 kali lipat dari USB 1.o. Seterusnya tahun 2010 di pasarkan USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer data sampai 5Gbit/s, 10 kali lipat dari USB 2.0.

Betul-betul terlihat pergantian flash disk dari tahun ke tahun. Dalam tempo 11 tahun saja, potensi flash disk sudah semakin bertambah sampai 32000 kali lipat. Dan kecepatan transfernya semakin bertambah 10 kali lipat. Ini perlihatkan pergantian teknologi yang betul-betul cepat. Tidak ingat apa yang akan berjalan 10 tahun akan datang.
Tehnologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...