Ini Lho Ternyata Asal Usul Imlek - Chrno History

Ini Lho Ternyata Asal Usul Imlek

Chrno History - Tahun Baru Imlek ialah perayaan penting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (Tionghoa: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa. Dan usai dengan Cap Go Meh 十五冥 元宵节 di tanggal ke-5 belas (waktu bulan purnama). Malam tahun baru imlek didapati jadi Chúxī yang berarti "malam pergantian tahun".

Ini Lho Ternyata Asal Usul Imlek - Chrno History

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek betul-betul berbagai. Tapi, kesemuanya banyak sharing tema umum seperti perjamuan makan malam waktu malam Tahun Baru, serta penyulutan kembang api. Walaupun penanggalan Imlek dengan tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok seringkali dinomori dari pemerintahan Huangdi. Sekurang-kurangnya sekarang ada tiga tahun berangka 1 yang digunakan oleh beberapa ahli. Sampai pada tahun 2009 masehi "Tahun Tionghoa" mungkin saja tahun 4707, 4706, atau 4646.

Dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa, Tahun Baru Imlek dilihat seperti hari libur besar untuk orang Tionghoa. Dan memiliki efek pada perayaan tahun baru di tetangga geografis Tiongkok. Serta budaya yang dengannya orang Tionghoa terkait meluas. Ini terhitung Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam, dan Jepang (sebelum 1873). Di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Makau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia. Lalu Filipina, Thailand, dan beberapa negara lain atau daerah dengan populasi suku Han yang berkaitan. Tahun Baru Imlek dirayakan, dan pada beberapa derajat, telah jadi bagian dari budaya tradisional dari beberapa negara itu.

Asal Pendapat Kisah Tahun Baru Imlek 

Sebelum Dinasti Qin, tanggal perayaan permulaan satu tahun belum jelas. Ada kesempatan bila awal tahun bermula pada bulan 1 pada saat Dinasti Xia, bulan 12 pada saat Dinasti Shang. Dan bulan 11 pada saat Dinasti Zhou di China. Bulan kabisat yang dipakai untuk yakinkan kalendar Tionghoa searah dengan edaran memutari matahari. Masih ditambah setelah bulan 12 sejak Dinasti Shang (berdasar catatan tulang ramalan) dan Zhou (menurut Sima Qian).

Kaisar pertama China Qin Shi Huang menukar dan putuskan bila tahun tionghoa berawal di bulan 10 pada 221 SM. Pada 104 SM, Kaisar Wu yang memerintah saat Dinasti Han putuskan bulan 1 jadi awal tahun sampai sekarang. Tahun pertama Tahun Baru Imlek/Yinli dihitung berdasarkan tahun pertama kelahiran Kongfuzi (Confucius). Ini ditangani oleh Kaisar Han Wudi jadi penghormatan pada Kongfuzi yang telah mencanangkan agar menggunakan pola penanggalan Dinasti Xia. Dimana Tahun Baru dimulai pada tanggal 1 bulan kesatu. Oleh karena itu pola penanggalan ini didapati dengan Kongzili.

Mitos 

Menurut legenda, dahulu kala, Nián (年) adalah seekor raksasa pemakan manusia dari pegunungan. Atau dalam jenis hikayat lain, dari bawah laut. Yang tampil diakhir musim dingin untuk konsumsi hasil panen, ternak dan bahkan warga desa. Membuat perlindungan diri mereka, beberapa warga menaruh makanan di muka pintu mereka pada awal tahun.

Diakui bila kerjakan hal itu Nian akan konsumsi makanan yang telah mereka siapkan. Dan tidak menyerang orang atau ambil ternak dan hasil Panen. Pada sebuah waktu, warga lihat bila Nian lari ketakutan setelah bertemu dengan satu orang anak kecil yang gunakan baju berwarna merah.
Warga seterusnya meyakini bila Nian takut akan warna merah. Sampai setiap waktu tahun akan datang, beberapa warga akan gantungkan lentera. Dan gulungan kertas merah di jendela dan pintu.

Mereka menggunakan kembang api untuk menakuti Nian. Adat-adat pengusiran Nian ini seterusnya berkembang jadi perayaan Tahun Baru. Guò nián (Hanzi tradisional: 過年; Tionghoa: 过年), yang berarti "menyambut tahun baru". Dengan harafiah berarti "singkirkan Nian". Sejak mulai itu, Nian tidak pernah ada kembali ke desa. Nian seterusnya ditangkap oleh 鸿钧老祖 atau 鸿钧天尊Hongjun Laozu. Satu orang Pendeta Tao dan Nian seterusnya jadi kendaraan Honjun Laozu.

Tanggal Perayaan 

Kalender suryacandra Tionghoa pastikan tanggal Tahun Baru Imlek. Kalender itu digunakan di sejumlah negara yang telah mengangkat atau telah dikuasai oleh budaya Han. Terutamanya di Korea, Jepang, dan Vietnam. Dan mungkin memiliki asal yang sama juga dengan perayaan Tahun Baru di luar Asia Timur. Seperti Iran, dan pada zaman dahulu kala, daratan Bulgar.

Dalam kalender Gregorian, Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari. Dalam kalender Tionghoa, titik balik mentari musim dingin harus berjalan di bulan 11. Yang berarti Tahun Baru Imlek biasanya jatuh pada bulan baru ke-2 setelah titik balik mentari musim dingin. Dan kadang yang ke-3 jika pada tahun itu ada bulan kabisat. Di budaya tradisional di Cina, lichun adalah waktu solar yang menandai dimulainya musim semi, yang berjalan sekitar 4 Februari.

Penanggalan Untuk Tahun Baru Imlek ari 1996 - 2019


  • Tikus : 19 Februari 1996 & 7 Februari 2008 
  • Sapi : 7 Februari 1997 & 26 Januari 2009 
  • Macan : 28 Januari 1998 & 14 Februari 2010 
  • Kelinci : 16 Februari 1999 & 3 Februari 2011 
  • Naga : 5 Februari 2000 & 23 Januari 2012 
  • Ular : 24 Januari 2001 & 10 Februari 2013 
  • Kuda : 12 Februari 2002 & 31 Januari 2014 
  • Kambing : 1 Februari 2003 & 19 Februari 2015 
  • Monyet : 22 Januari 2004 & 8 Februari 2016 
  • Ayam : 9 Februari 2005 & 28 Januari 2017 
  • Anjing : 29 Januari 2006 & 16 Februari 2018 
  • Babi : 18 Februari 2007 & 5 Februari 2019 

Tanggal untuk Tahun Baru Imlek dari 1996 sampai 2019 dalam penanggalan Gregorian. Dapat dilihat di daftar di atas, bersamaan dengan shio hewan untuk tahun itu dan cabang duniawinya. Bersamaan dengan daur 12-tahun semasing dengan shio hewan ada daur 10-tahun batang surgawi. Setiap surgawi dikaitkan dengan satu diantara lima elemen perbintangan Cina, yaitu: Kayu, Api, Bumi, Logam, dan Air.

Beberapa faktor itu diputar setiap dua tahun sekali sekejap perkaitan yin dan yang silih bertukar setiap tahun. Beberapa faktor itu dengan itu dibedakan jadi: Kayu Yang, Kayu Yin, Api Yang, Api Yin, dan lain-lain. Ini menghasilkan satu daur gabungan yang berkali-kali setiap 60 tahun. Jadi contoh, tahun dari Tikus Api Yang berjalan pada 1936 dan pada tahun 1996.

Sebagian orang mengacaukan tahun kelahiran Tionghoa dengan tahun kelahiran Gregorian mereka. Karena Tahun Baru Imlek dapat dimulai diakhir Januari sampai pertengahan Februari, tahun Tionghoa dari 1 Januari sampai hari imlek. Pada tahun baru Gregorian tidak berubah dari tahun awalannya. Jadi contoh, tahun ular 1989 mulai pada 6 Februari 1989. Tahun 1990 dilihat oleh beberapa orang jadi tahun kuda. Tapi, tahun ular 1989 dengan resmi usai pada 26 Januari 1990. Ini berarti bila siapapun yang lahir dari 1 Januari ke 25 Januari 1990 sebenarnya lahir pada tahun ular bukanlah tahun kuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...