Sejarah Naga di Dunia - Chrno History

Sejarah Naga di Dunia 

Chrno History - Naga adalah makhluk mitos paling populer di dunia, tapi apakah benar mereka hanya mitos? Cerita tentang naga bermacam dari tiap daerah. Walau mereka telah mewarnai banyak buku, film dan acara TV kita. Kenyataannya mereka memiliki kisah yang panjang dan dalam sampai kita mengenalnya.

Sejarah Naga di Dunia - Chrno History

1. Asal-usul naga pertama kali 

Permulaannya makhluk ini dilukiskan oleh masyarakat Yunani dan Sumeria kuno berupa ular terbang yang besar. Kata "dragon" hadir dari Bahasa Yunani "draconta" yang berarti "untuk memperhatikan. Mereka permulaannya dilukiskan jadi makhluk yang menjaga satu yang dilihat betul-betul berharga. Seperti tumpukan harta karun, benda pusaka atau bahkan orang penting seperti putri raja. Orang dahulu kala betul-betul mendambakan adanya profil makhluk penjaga seperti ini.

2. Siapa yang membuat naga masih jadi perbincangan sampai saat ini 

Kenapa sich naga menjaga hal penting? Toh mereka tak perlu harta untuk bertahan hidup. Tersebut jadi perbincangan tentang "penciptaan" naga. Ada pihak yang beranggapan bila mereka memang dibikin dewa-dewi agar manusia tidak mudah mendapatkan satu yang bernilai. Ada yang sebutkan naga dibikin dari hasil pengetahuan hitam seseorang. Dan ada juga yang beranggapan bila naga adalah perwujudan setan/iblis yang disebutkan musuh kelompok beragama. Itu pendapat dari mereka yang menjelaskan bila naga harus dibasmi. Sedang ada juga pihak lain yang menerangkan bila naga dibikin untuk hidup dengan manusia. Melengkapi setiap harinya terhitung menjaga dan memperhatikan satu, jadi balas budi dirawat oleh barisan manusia itu.

3. Naga betul-betul bermacam karakteristiknya sesuai daerah, tapi yang pasti bentuk permulaannya diumpakan seperti chameleon 

Ahli cerita rakyat, Carol Rose, membahas dalam bukunya yang berjudul "Giants, Monsters & Dragons: An Encyclopedia of Folklore, Legend and Myth". Naga di India memiliki kepala seperti gajah, di Timur Tengah ialah gabungan singa dan burung. Di Eropa seperti ular bersayap dan berkaki, di beberapa daerah dilukiskan memiliki banyak kepala. Ada yang bisa bicara, ada yang bisa menyemburkan api, ada yang kecil tapi ada yang besarnya sampai beberapa km. Dan ada banyak, semua tergantung daerahnya semasing, jadi bentuk pergantian dari bentuk permulaannya yang seperti chameleon.

4. Bagaimana naga bisa berbeda tiap tempat? Kenyataannya karena itu tergantung persepsi masyarakat daerah itu tentang naga 

Mereka yang melihat naga bisa menyemburkan api, kenyataannya mereka yang meyakini bila naga adalah perwujudan iblis. Dimana api mendeskripsikan neraka. Ahli fauna Karl Shuker memvisualisasikan persepsi ini dalam bukunya "Dragons: A Alami History". Bentuk naga itu tergantung pada budaya semasing daerah. Dan bagaimana anggapan mereka tentang naga, apakah itu makhluk yang baik atau buruk. Bila kamu sendiri, bagaimana pendapatmu tentang naga? Apa menurutmu mereka makhluk yang baik, buruk atau netral seperti hewan biasanya dan bisa dilatih jadi salah satunya? Menakjubkannya, analisa tentang kisah naga ini terus bersambung karena dunia konsentrasi pada komodo di Indonesia. Mereka tertarik karena hewan itu dinamakan komodo "dragon". Selain itu dengan alami mempunyai ciri-ciri seperti naga: agresif dan mematikan. Waw, seperti apa ya gambaran naga di waktu depan nantinya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...