Tentang Pedang Pada Zaman Edo - Chrno History

Tentang Pedang Pada Zaman Edo

Chrno History - Katana ialah Jiwa dari satu orang Samurai naun kenyataannya ada banyak tipe pedang bukan sekedar Katana yang sering digunakan di zaman Edo. PEdang samurai di Jepang dibagi keadapam beberapa Tipe berdasarkan ukuran yang merujuk pada Shaku. Satu Shaku memiliki panjang sekitar 30 cm. Berdasarkan ukurannya, berikut ini beberapa macam pedang itu:

Tentang Pedang Pada Zaman Edo - Chrno History

1. Pedang Tanto 

Pedang Tanto adalah pedang bermata satu dengan ukuran terkceil dari barisan Pedang Jepang. Tanto mempunyai ukuran kurang dari 1 Shaku yakni sekitar 25 cm. Walaupun mempunyai bentuk terhitung dalam barisan Pisau tapi Tanto sering dibawa oleh beberapa wanita jepang dibalik Obi (ikat pinggang pada Kimono) mereka. Tanto digunakan jadi senajata pertahan dengan menusuknya dengan tiba-tiba ke tubuh lawan pada jarak dekat.

2. Pedang Wakizashi 

Wakizashi adalah pedang dengan ukuran maksimal 2 Shaku atau lebih pendek dari Katana. Pedang ini digunakan oleh beberapa samurai jadi senjata ke-2. Samurai berlaga dengan bawa serta dua pedang dimana pedang ke-2 masih lebih pendek dari pedang penting.

3. Pedang Kodachi 

Pedang Kodachi adalah pedang pendek yang banyak digunakan oleh beberapa polis Jepang dizaman dulu. Ukuran pedengan kurang dari dua Shaku tapi lebih panjang dari Wakizashi dan lebih pendek dari Katana. Dengan strukur, Bentuk Kodachi lebih lurus dibandingkan dengan Wakizashi yang melengkung. Ukuran pedang yang kurang dair 2 shaku membuat pedang ini tidak jadi permasalahan jika dibawa kemana sajakah. Karena pada Zaman Edo hanya Samurai yang dapat memabwa Katana.

4. Pedang Katana 

Katana satu diantara tipe pedang yang bukan hanya popular di jepang dan seantero dunia. Prajurit samurai adalah orang yang paling berjasa memperkenalkan Katana ke seluruh dunia. Walaupun sebetulnya Katana adalah pedang yang lebih identic digunakan oleh beberapa ninja dibandingkan Samurai. Katana memiliki panjang sekita 2,5 Shaku sampai 3 Shaku dan terhitung pedang terlarang di Jepang. Katana hanya dapat dimiliki dan dibawa dengan bebas oleh beberapa samurai. Katana digunakan dalam pertempuran jarak dekat atau Close-Quarter Combat.

5. Pedang Tsurugi 

Tsurugi adalah pedang legenda yang memiliki massa makin besar dibandingkan dengan Katana. Jika katana memperuntukkan kecepatan, karenanya Tsurugi diperuntukkan untuk pasukan dengan armor berat atau prajurit bertameng. Tsurugi tidak melengkung seperti katana, bentuk liris dan seperti pedang dari negeri gingseng.

6. Pedang Chokuto 

Pedang Chokuto memiliki bentuk Seperti Katana tetapi lebih lurus tapi tidak seberat Pedang Tsurugi. Pedang ini banyak dipakai saat Heian dimana orang jepang belum mengetahui teknik melengkungkan pedang. Bentuk pedang lurus dan gampang tidak banyak sekali digunakan tetapi lestari. Karena sering digunakan dalam upacara tradisional jepang.

7. Pedang Ninja-to 

Pedang Ninjato adalah pedang yang sering digunakan oleh Ninja bukan sekedar Katana. Mempunyai bentuk lurus dengan ukuran yang lebih pendek dari Katana. Design pedang yang bisa dimasukkan ke baju memudahkan beberapa ninja untuk bergerak dibandingkan dengan Katana.

8. Pedang Nodachi & Odachi 

Pedang Nodachi dan Odachi adalah pedang dengan ukuran terpanjang disejarah pedang jepang. Ukuran pedang hamper 3 Shaku yakni 80 cm. Pedang ini cukup ribet digunakan dalam Quarter-close Combat tapi betul-betul handal dalam Close Combat. Terutamanya mengmelawan prajurit Berkuda. Dalam Film Rounin 47, pedang yang digunakan buknalah Katana tapi Nodhaci dan Odachi

9. Pedang Nagamaki 

Pedang Nagamaki adalah pedang dalam barisan Belati dengan bentuk umum pedang memiliki gagang yang sama panjang dengan pedangnya sendiri. Penggunna sama juga dengan Tanto yakni untuk Quick-attack serta Counter-Attack, tapi lebih ribet dari Tanto. Pedang makin banyak dikoleksi karena memiliki bentuk unik.

10. Naginata 

Naginata sebenarnya tidak terhitung dalam barisan pedang tetapi tombak tapi ujungnya berbentuk pedang. Atau mata tombak yang lebih panjang dibanding biasanya. Gaganya terbuat dari kayu lembut tapi getas. Bentuk ujungnya sendiri dari Katana dan sering digunakan beberapa Prajurit dalam perang yang tidak memiliki status jadi samurai. Pedang ini betul-betul cocok digunkana pada perang Chaos.

11. Yari 

Hapir sama dengan Naginata, Yari ialah tombak dengan ujung pedang lurus. Perbedaannya jika Naginata menggunakan Katana pada ujungnya, Yari menggunakan Pedang Lurus tipe Chokuto. Penggunaanya adalah menghalangi musuh berkuda serta pertempuran Tipe Chaos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...