Mengenal Sejarah Mouse Komputer - Chrno History

Mengenal Sejarah Mouse Komputer 

Chrno History - Mouse adalah alat yang digunakan untuk masukan data ke computer bukan sekedar keyboard. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Serta mempunyai satu fungsi penting yaitu menggerakkan kursor. Yang bergambar satu anak panah. Seperti yang anda lihat di muka monitor computer anda. Atau dapat berubah-rubah jika lewat form tertentu. Contohnya jadi garis hitam vertikal waktu kamu menulis di MS word atau menulis posting di web. Selain itu memiliki fungsi lain yaitu memberi perintah yaitu klik kiri dan klik kanan.

Mengenal Sejarah Mouse Komputer - Chrno History

Pemahaman Mouse 

Mouse, atau “Tikus” dalam makna baku Bahasa Indonesia-nya, ialah salah satu perangkat keras (hardware) pada sebuah computer. Yang bertindak jadi alat input penting bukan sekedar keyboard. Mouse dikelompokkan jadi satu Pointing Perangkat (alat penunjuk/pemilih). Gerakan kursor di monitor monitor jadi wakil pergerakan dari piranti mouse itu. Dengan mengarahkan kursor mouse pada icon/GUI (Graphic User Interface) tertentu, seterusnya mengakhiri perintah dengan cara meng-kliknya.

Satu orang pengguna dapat lakukan perintah tertentu pada program komputernya. Mouse ialah peralatan inputan yang bertindak untuk menggerakkan pointer. Yang berada di monitor monitor untuk lakukan satu program. Atau icon-icon perintah yang berada di monitor monitor dengan cara kerjakan klik kiri. Selanjutnya klik kanan, double klik, drag and drop, atau scroll lock.


Riwayat Mouse 

Mouse pertama kali diketahui pada tahun 1963. Oleh satu orang penemu Amerika dari Stanford Research Institute, bernama Dr. Douglas C. Engelbart. Mouse yang pertama ialah satu perangkat yang betul-betul sederhana. Terbuat dari kayu, memiliki satu tombol kecil di samping kanan atasnya, seterusnya memiliki dua roda besi kecil di dalamnya. Saat itu, alat ini diberinama resmi “X-Y position indicator for a display system” (Sinyal tempat X-Y untuk satu skema tampilan). Karena mempunyai bentuk yang memiliki kabel panjang, dan seperti seekor tikus, alat ini seterusnya di panggil “mouse” (Tikus). Kursor di monitor sebenarnya mempunyai nama “bug” (serangga). Tapi nama ini tidak jadi demikian populer.

Awalnya, Douglas berupaya untuk dapatkan Pointing Perangkat (Alat penunjuk) yang lain. Seperti alat yang digerakkan oleh dagu atau hidung. Tetapi, mouse-lah yang dilihat paling sederhana dan paling mudah untuk digunakan. Mengenai mouse ini, seterusnya dinaikkan oleh perusahaan computer Apple, Inc. (Pengembang skema operasi Macintosh). Oleh karenanya, Apple-lah yang selanjutnya mendapatkan paten dari penggunaan mouse.

Dilihat dari Beberapa macam port mouse, ada 4 type mouse 

Mouse Serial 

Mouse yang sudah jarang dipakai oleh masyarakat umum. Biasanya mouse ini digunakan pada computer Pentium 1 dan Pentium 2.

Mouse PS/2 

Mouse yang digunakan pada computer Pentium 3 dan Pentium 4.


Mouse USB 

Mouse yang sudah umum digunakan oleh masyarakat luas. Digunakan pada computer Pentium 3 dan Pantium 4.

Mouse Wirelless 

Mouse terbaru tanpa kabel. Saat ini Mouse Wireless sudah meluas dilapisan masyarakat.

Dilihat dari sensornya, ada 3 type mouse : 


  1. Mouse mekanik, yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam selain bawah mouse. Yang dapat berputar kesemua arah. Sensor mekanik itu menemui arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada monitor sesuai arah itu. 
  2. Mouse optomekanik, sama dengan mouse mekanik tetapi memberi penambahan sensor optik. Untuk menemui gerakan dari bola mouse. 
  3. Mouse optik, menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk menemui pergerakan mouse. 


Mouse Mekanik (Mouse Bola) 

Pergantian selanjutnya ditangani oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah. Seterusnya putaran bola itu dideteksi oleh roda-roda sensor di mouse itu. Penambahan tipe ini seterusnya melahirkan mouse tipe Trackball. Yaitu tipe mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari, yang popular antara tahun 1980 sampai 1990. Xerox PARC mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan dan menggunakan mouse waktu dibutuhkans saja.

Mouse Optomekanik (Mouse Optikal) 

Bukan sekedar mouse bola, saat ini banyak digunakan mouse optikal. Mouse optikal lebih unggul dari mouse bola karena lebih pas dan perawatannya lebih mudah dibandingkan mouse bola. Mouse optikal tidak butuh dibersihkan. Berbeda dengan mouse bola yang butuh sering dibersihkan karena banyak debu yang menempel pada bolanya. Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse tipe ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo diode untuk menemui gerakan mouse. Mouse optikal pertamahanya dapat digunakan pada alas (mousepad) istimewa yang berwarna metalik bergaris-garis biru-abu-abu.

Mouse Optik (Mouse Laser) 

Mouse laser pertama kali diperkenalkan oleh Logitech. Perusahaan mouse penting yang kerja dengan Agilent Technologies pada tahun 2004, dengan nama Logitech MX 1000. Logitech akui bila mouse laser memilki tingkat ketepatan 20 kali makin besar dari mouse optikal. Basic kerja mouse optikal dan mouse laser hampir sama. Perbedaannya hanya penggunaan laser kecil jadi pilihan LED digunakan oleh mouse optikal. Saat ini mouse laser dikit digunakan, mungkin karena harga yang masih mahal.

Langkah kerja dari mouse itu yaitu dengan cara menggunakan pancaran sinar laser yang tidak kasat mata-ada sih yang sedikit terlihat. Sinar laser yang dipancarkan bergerak turuti tangan pengguna. Sinar laser itu hidupkan pola sensor optik sama juga dengan mouse optik biasa. Beberapa ribu gambar diambil dalam tempo satu detik untuk tahu pergerakan mouse.

Koordinat yang dikirim mouse seterusnya digunakan computer untuk memosisikan pointer. Mouse laser mempunyai keunggulan yang sama dibanding mouse yang pakai bola. Bila dibandingkan dengna mouse optik biasa, mouse laser mempunyai keuntungan. Mouse laser bisa digunakan hampir dimana saja, terhitung dalam tempat dimana mouse optik sulit sekali dipakai. Misalnya pada paha yang terbungkus celana jins. Mouse laser cocok sekali untuk dibawa pelesiran dengan laptop. Karena orang tidak butuh bawa serta mouse pad, bisa dipakai dengan alas apapun dan (bila nirkabel) tidak ribet dengan kabel.

Dari semua pergantian mouse, yang dikit berubah adalah banyaknya tombolnya. Semua mouse memiliki tombol antara satu sampai tiga buah. Mouse pertama memiliki satu tombol. Biasanya mouse saatini, yang dibikin untuk Microsoft Windows, memiliki dua tombol. Beberapa mouse modern memiliki satu Wheel untuk mempermudah scrolling. Diluar itu, Apple memperkenalkan mouse satu tombol, yang tidak berubah sampai saat ini.

Mouse modern banyak yang tanpa kabel, yaitu menggunakan teknologi wireless. Seperti Infra Red, gelombang radio atau Bluetooth. Mouse wireless yang popular saat ini menggunakan gelombang radio atau Bluetooth. Sedang mouse yang menggunakan Infra Red kurang demikian popular. Karena jarak jangkauannya yang terbatas, selain itu kurang praktis. Karena antara mouse dan penerimanya tidak dapat terhalang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...