Perjalanan Laptop Sampai Sekarang - Chrno History

Perjalanan Laptop Sampai Sekarang

Chrno History - Dunia telah lama mengenal computer jinjing atau yang biasa didapati baik jadi “laptop”. Gawai berteknologi tinggi dalam ukuran yang singkat dan mudah dibawa kemana sajakah. Ini telah cukup lama ada jadi pilihan Personal Computer (PC) untuk permasalahan sepanjang hari. Mulai dari menulis, berselancar di internet, sampai design. Tetapi, darimanakah benda mungil ini berasal? Bagaimana perjalanan dan kisah laptop sampai bisa sampai bentuk minimalis seperti sekarang ini?

Perjalanan Laptop Sampai Sekarang - Chrno History

Kisah Laptop 

Sejak awal tahun 70-an, wacana membuat computer yang dapat dibawa dan digunakan kemana sajakah telah jadi perbincangan serius. Di kelompok produsen dan desainer PC. Lewat makalah “Dynabook” hasil oleh-oleh Alan Key, satu orang penulis buku computer yang ialah pemilik dari satu perusahaan percetakan buku. Di dalamnya, Alan menjelaskan mengenai inspirasi basic mengenai computer yang dapat dibawa kemana sajakah. Dan tidak butuh tersambung ke aliran listrik setiap saat. Inspirasi ini disebut jadi personnel, portable information manipulator. Dari sinilah selanjutnya kisah laptop dimulai. Dari satu ide, selanjutnya jadi kreasi teknologi yang digunakan dengan luas.

Walaupun begitu, Alan bukan orang yang selanjutnya membuat laptop. Kisah laptop pertama malah lahir dari hasil oleh-oleh Adam Osborne di tahun 1975. Dalam wujudkan idenya itu ia kerja dengan Felsenstein, satu orang pemilik perusahaan produsen perangkat keras. Yang ialah profesional yang ahli dalam membuat sirkuit processor.

Kisah Laptop Pertama di Dunia 

Osborne 1 ialah microcomputer yang memulai kisah laptop. Perangkat ini ialah laptop pertama kali diproduksi dengan massal. Waktu peluncurannya, harga laptop ini sampai USD 1,795 atau sekitar 16 juta rupiah. Waktu itu, harga itu cukup mahal, sampai tidak banyak orang bisa memilikinya.

Walaupun begitu, Osborne 1 terhitung salah 1 laptop yang paling revolusioner di zaman itu. Khususnya karena ukurannya yang portabel dan dapat dipindahkan dengan mudah. Laptop ini dilengkapi dengan 2 slot floppy disk, monitor sebesar 5 inci, serta keyboard yang menempel langsung ke monitor. Tetapi, Osborne 1 belum dilengkapi dengan baterai yang tertanam di dalamnya, sampai kita masih membutuhkan aliran listrik untuk menyalakannya. Walaupun begitu, perangkat yang memulai kisah laptop ini memilik baterai cadangan yang dapat bertahan sekian waktu saja.

Untuk persoalan pola operasi, Osborne 1 menggunakan CP/M 2.2, yang disebutkan salah satu pola operasi (OS) yang cukup oke di zamannya. Sayangnya, bukan sekedar mempunyai bentuk yang portabel, laptop ini tidak memiliki kelebihan lain dibanding kompetitornya. Dengan daya ingat yang cenderung kecil, Osborne 1 bukan microcomputer paling cepat di zamannya. Walaupun begitu, laptop ini kenyataannya betul-betul laris di market. Sampai, kisah laptop yang satu ini tidak bertahan begitu lama.

Dalam 8 bulan sejak peluncurannya di bulan April 1981, Osborne 1 telah laku seputar 11.000 unit. Bahkan, di waktu keemasannya Osborne 1 dapat terjual sampai 10.000 unit per bulan. Angka yang betul-betul fantastis! Bisa disebutkan, perusahaan yang memulai kisah laptop ini sukses merevolusi industri computer selamanya

Sayangnya, Osborne Computer Corporation tidak dapat memenangkan hati konsumen dalam tempo yang lama. Di tahun 1983, Osborne 1 miliknya disaingin oleh Kaypro II, satu laptop yang lebih praktis dengan monitor 9 inci. Di tahun 1983, IBM mengeluarkan produk sama, yaitu Compaq Portable. Sebab kompetisi yang semakin berat, selanjutnya popularitas Osborne 1 alami penurunan dan ditelan pergantian zaman. Kisah laptop yang satu ini harus berhenti.

Laptop dari Waktu ke Waktu 

1981 – Osborne 1 

Laptop pertama di dunia dengan berat 10 kg dan dilengkapi monitor 5 inci, keyboard, dan 2 slot floppy disk. Diperkirakan oleh Osborne Computer Corporation.

1982 – Grid Compass 

Permulaannya dinaikkan istimewa buat beberapa eksekutif, lalu digunakan tentara Amerika di lapangan dan oleh NASA. Di pesawat ulang-alik pada saat 80 sampai 90-an.


1983 – Compaq Portable 

Dikeluarkan oleh IBM, yang disebutkan computer laptop pertama dengan pola yang 100% pas dengan perangkat lunak lain.

1984 – Gavilan SC 

Computer pertama yang dipasarkan jadi “laptop” dan ialah laptop pertama yang dilengkapi dengan touchpad.


1984 – Commodore SX-64 

Laptop Seukuran satu koper, versi portabel dari Commodore 64 home computer. Yang dijumpai jadi laptop pertama di dunia yang telah dilengkapi monitor full-colour.

1985 – Kaypro 2000 

Kaypro 2000 ialah laptop yang paling mendekati bentuk laptop waktu modern di saat itu.

1986 – IBM PC Convertible 

Laptop yang dikeluarkan oleh IBM dan dilengkapi LCD CGA-compatible serta 2 slot floppy disk. Berat laptop seputar 5 kg. Laptop termudah di eranya.

1987 – HP Vectra Portable CS 

Rilis di tahun 1987, yang dilengkapi dengan floppy disk 20 MB, monitor 3,5 inci. Dan keyboard seperti laptop modern (telah memisahkan tombol angka dan huruf).

1989 – Apple Macintosh Portable 

Ialah computer portabel keluaran Apple, penerus macintosh yang gagal di market. Computer ini sempat menuai komen positif karena baterai yang tahan lama dan monitor yang cerah.

1991 – Apple Powerbook 

Pionir laptop modern, dengan bentuk laptop yang telah seperti laptop modern. Dilengkapi oleh trackball jadi pilihan mouse dan design palm rest.

1992 – IBM Thinkpad 

Laptop keluaran IBM yang dilengkapi dengan trackpoint yang terdapat cocok di tengahnya keyboard dan bertindak menggantikan mouse. Telah dilengkapi daya ingat sebesar 810 MB dan RAM 8 MB.

1999 – Apple iBook 

Apple merevolusi design laptop modern dengan mengeluarkan iBook dengan bodi berbentuk clamshell.

2002 – Compaq TC1000 

Ialah laptop touchscreen pertama di dunia. Keyboard dari laptop ini dapat diputar serta dilepaskan.


2003 – Merk laptop seperti Dell, Lenovo, Toshiba, dan lainnya 

Produsen laptop semakin banyak ada, seperti Dell, Lenovo, dan Toshiba. Semasing memperkenalkan seri laptopnya semasing

2008 – Macbook Air 

Apple memperkenalkan laptop tertipis di dunia pertama, yaitu Macbook Air. Perangkat ini memiliki bodi yang minimalis dan baterai yang tahan lama.

2012 – Microsoft Surface 

Microsoft mengeluarkan laptop hybrid yang telah touch-friendly, yaitu Surface.


2015 – Microsoft Surface Book 

Seri Microsoft Surface Book ialah penerus Microsoft Surface yang telah disempurnakan. Dengan detail yang lebih oke untuk pekerjaan berat. Laptop ini dapat juga dilepaskan dari keyboard jadi seperti tablet PC.

Waktu Ini 

Laptop hybrid 2-in-1 terus banyak ada dan terus kerjakan evolusi untuk perform yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...