Sejarah Elektronika Sampai Sekarang - Chrno History

Sejarah Elektronika Sampai Sekarang 

Chrno History - Bicara tentang elektronika memang tidak pernah ada habisnya. Karena memang cakupannya betul-betul luas. Di peluang yang baik ini, kami akan sharing sedikit informasi mengenai kisah elektronika dari dulu sampai sekarang ini. Sebelumnya elektronika lahir atas tuntutan dan kepentingan manusia akan teknologi baru seperti pesawat telephone dan sejenisnya. Beberapa literatur menerangkan bila pergantian elektronika diawali dari penilaian satu sinar katoda. Yang ditangani oleh fisikawan, matematikawan, dan insinyur penting di dunia.

Sejarah Elektronika Sampai Sekarang - Chrno History

Kisah Pergantian Elektronika 

Kisah mencatat, terdapat beberapa ilmuan yang bergerah dibagian elektronika yang sukses tingkatkan pengetahuan elektronika sampai tumbuh sampai sekarang ini. Tersebut beberapa ilumuan dunia yang banyak berjasa di dunia elektronika dan sekelilingnya.

  • Hittrof dan Crookes penemu Sinar Katoda pada tahun 1869 
  • Maxwell penemu teori matematika pemancaran gelombang elektromagnet 
  • Edison penemu Aliran elektron dalam ruang hampa pada tahun 1883 
  • Hertz penemu gelombang radio pada tahun 1888 
  • J. J. Thomson penemu pengukuran e / m pada tahun 1897 
  • Marconi penemu gelombang radio yang sukses memancarkannya menyeberangi lautan Pasifik pada tahun 1901 
  • Einstein penemu teori tentang efek foto elektrik 
  • Fleming penemu tabung elektron pertama pada tahun 1904 
  • Deforest penemu trioda pada tahun 1906 
  • Armstrong pengembang regeneratif peka dan penemuan isolator pada tahun 
  • Zworkin penemu tabung gambar pada tahun 1924 dan Foto Multiplier pada tahun 1929 
  • Watson Watts penemu gelombang radio 
  • Socley, Bardeen, Brattain penemu Transistor pada tahun 1947 
  • Townes penemu maser pada tahun 1953 
  • Maiman penemu laser pada tahun 1960 
  • Eckert dan Mauchly perintis revolusi computer pada tahun 1946 
  • Hoff penemu mikroprosesor pada suatu kepi pada tahun 1969 

Bukan sekedar beberapa ilmuan baru saja, sebenarnya terdapat beberapa beberapa nama ilmuan lain yang berjasa dalam pergantian elektronika dari sekian waktu. Berikut ini adalah kisah pergantian elektronika dari sekian waktu yang diawali pada masa ke 19 sampai saat ini.

Kisah Pergantian Elektronika Masa 19 

Kisah pergantian elektronika masa 19 diawali pada tahun 1883. Dimana satu orang ilmuan bernama Thomas Alva Edison sukses dapatkan satu teori. Dimana satu elektron dapat berubah dari satu konduktor ke konduktor yang lain lewat ruang hampa. Penemuan ini didapati dengan nama efek Edison. Selanjutnya pada tahun 1904, satu orang ilmuan bernama John Fleming sukses mengimplementasikan efek Edison. Dan dapatkan dua buah elemen tabung elektron yang didapati jadi dioda. Selanjutnya pada tahun 1906 Lee De Forest mengikutinya menggunakan tabung tiga elemen, yang disebut trioda.

Kisah Pergantian Elektronika Masa 20 

Pergantian elektronika pada masa 20 dimulai dari aplikasi tabung elektron pertama di dunia yang diterapkan dalam sisi komunikasi radio. Pada tahun 1896, Ilmuan bernama Guglielmo Marconi melalui penambahan wireless telegraph atas telegraf tanpa kabel. Dan dinaikkan jadi komunikasi radio jarak jauh di tahun 1901. Selanjutnya pada tahun 1918, satu orang ilmuan populer Edwin Armstrong dapatkan penerima super-heterodyne. Yang bisa pilih dan memisah sinyal radio atau stasion sampai dapat terima sinyal jarak jauh. Selain itu Edwin Armstrong dapatkan modulasi frekuensi FM pita lebar di tahun 1935.

Kisah Pergantian Elektronika Masa 21 

Pergantian elektronika masa 21 telah mengantarkan elektronika beralih dari yang permulaannya mikro mengarah ke nano. Itu bermakna bila semakin hari komponen elektronika dibuat dalam ukuran yang akan lebih kecil dibanding awalannya, waktu generasi mikroelektronika. Dr. Rohrer yang disebutkan ilmuan penemu tunneling elektron microscope juga sekaligus juara hadiah Nobel sisi fisika tahun 1986. Meramalkan bila mikroelektronika akan ditukar oleh nanoelektronika. Sekejap prof. Petel yang disebutkan president UCLA meramalkan bila pada masa 21 ini, teknologi photonik akan menggantikan mikroelektronika.

Selain itu elektronika semakin berkembang dan merambah ke beberapa bagian elektronika digital seperti computer s/d robotik. Pada awal tahun 2001. Lary Page dan Sergey Brin telah tingkatkan satu mesin pencari yang kita kenal dengan Google. Dan saat ini sukses menguasi pasar digital. Hal tersebut ialah salah satu imbas dari pergantian elektronika di dunia. Saat ini Jepang dan Amerika jadi dua negara yang menguasi bagian elektronika robotik. Bukan sekedar beberapa hal itu, saat ini sudah ada teknologi-teknologi baru yang awal cikal bakalnya dari kisah elektronika di masa 19.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello

Sejarah Dari Pulau Kelor Dan Benteng Martello Chrno History - Tiap tempat rekreasi pastinya punyai sejarahnya masing masing. Begitupun deng...